8EH Radio ITB

Ketua: Indah Mutiara Kami TL08
Tanggal Berdiri: 20 Mei 1963
Alamat Sekretariat: Gedung PAU lt. 8, ITB
Website: http://8eh.itb.ac.id
Contact Person: Cita (08125513221)

8EH Radio ITB didirikan pada tanggal 20 Mei 1963 dan merupakan radio FM pertama di Indonesia. Latar belakang terbentuknya radio ini adalah sebagai wahana mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan manajemen dalam berorganisasi dan membuat suatu produk yaitu program radio yang unik, inovatif, dan berkualitas. Kata 8EH (baca: delapan eha) berasal dari call sign yang didapat dari International Telecommunication Union (ITU) untuk izin bersiaran dalam gelombang SW, FM, dan AM, yang kemudian call sign tersebut dipakai untuk nama radio itu sendiri. 8EH Radio ITB dikelola secara semi-professional di dalam lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB), terorganisasi dan beroperasi untuk memberikan pengaruh positif bagi institusi dan lingkungan ITB sendiri serta masyarakat Indonesia.

Setelah mengalami berbagai gejolak dan sempat vakum sejak tahun 1982, pada akhirnya radio yang memiliki sejarah panjang ini dapat kembali beroperasi pada 31 Desember 1999 sampai sekarang. Saat ini 8EH Radio ITB merupakan radio komunitas dengan konsep education dan entertainment (edutainment) yang mengudara di frekuensi 107.9 FM. Studio 8EH Radio ITB berlokasi di Gedung PPAU ITB Jalan Ganesha no 10 Bandung 40132.

Segmentasi pendengar 8EH Radio ITB pada khususnya yaitu mahasiswa yang sedang menjalani studi di Institut Teknologi Bandung. Sementara pada umumnya segmentasi pendengar 8EH Radio ITB adalah generasi muda berusia 17-30 tahun dengan tingkat intelegensia middle to upper (SLTA, D3, S1, S2) dengan finansial A+, A, B, hingga C.

8EH Radio ITB memiliki format acara dan format musik yang khas, sesuai dengan kebutuhan generasi muda khususnya mahasiswa Institut Teknologi Bandung. Format acara 8EH Radio ITB memberikan pelayanan dan informasi yang dibutuhkan oleh generasi muda berwawasan dan berkarakter sehingga memberi ciri khas identitasnya sebagai radio mahasiswa yang memberikan edukasi dan hiburan sesuai dengan kebutuhan generasi muda. Format musik 8EH Radio ITB memberikan musik yang sesuai dengan kebutuhan generasi muda, yang telah diseleksi berdasarkan kebijakan 8EH Radio ITB. Komposisi musik di 8EH radio ITB yaitu 60% lagu internasional dan 40% lagu lokal, dengan meliputi hampir semua jenis musik dengan komposisi yang berbeda.

Share Your Tought!

Email kamu enggak bakal di publish, share apalagi kami jual. Fields yang wajib ditandai pake *