ITB Cultural Tour 2011: Mengharumkan ITB dan Indonesia di Arezzo

Tanggal 12-18 September 2011 nanti, rombongan tim paduan suara PSM – ITB akan bertanding dalam kompetisi paduan suara tingkat dunia di Arezzo, Italia. Kompetisi yang berjudul “59th Concorso Polifonico Internazionale Guido d’Arezzo” ini akan diikuti oleh beberapa Negara di dunia seperti : Ukraina, Jerman, Jepang, Latvia, Estonia, Polandia, Amerika, Italia dan Indonesia. PSM – ITB sendiri mengikuti kompetisi ini sebagai bagian dari ITB Cultural Tour 2011. Ini adalah kali keempatnya PSM – ITB mengadakan tour keluar negeri dalam rangka mengikuti lomba paduan suara.

ITB Cultural Tour 2011 team (SENBUD/Bow)

Kompetisi paduan suara di Arezzo ini merupakan bagian dari European Grand Prix of Choral Singing, dimana juaranya akan ditandingkan lagi dengan juara-juara pada kompetisi lainnya di Eropa. Dari hasil penampilan para juara-juara ini, akan diperoleh “juara umum eropa”. PSM – ITB akan mengikuti tiga kategori dalam kompetisi ini, yaitu Mixed Choir with Polyphonic Repertoire, Festival Competition by Historical Period, dan Festival by Choral Folk Music. Lagu-lagu daerah seperti Bengawan Solo, Gambang Suling, Janger, danLuk Luk Lumbu akan ditampilkan oleh PSM – ITB dalam acara ini.

“ITB Cultural Tour ini merupakan salah satu pembinaan terhadap anggota PSM – ITB untuk mengembangkan diri dan memperkenalkan budaya Indonesia. Event setiap sekali dua tahun ini harapannya akan menjadi bekal bagi PSM – ITB untuk mengadakan Festival PaduanSuara ITB yang juga rutin diadakan setiap dua tahun sekali” ujar Indradarma Adiwibowo (MT08) – Ketua PSM saat ini.

Indra menambahkan bahwa ia merasa bahagia dengan terlaksananya agenda ITB Cultural Tour 2011 ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang ikut serta membantu proses persiapan keberangkatan PSM – ITB ke Italia. Besar harapan bahwa nantinya tim dari PSM – ITB dapat memberikan penampilan terbaiknya dan pulang ke Indonesia dengan membawa prestasi.

Para anggota PSM – ITB yang sedang menjalani pelepasan (SENBUD/Bow)

Rombongan PSM – ITB yang berangkat pada hari Minggu (11/09) kemarin, juga sempat dilepas oleh Presiden KM-ITB, Tizar Bijaksana (PL07) di gerbang depan kampus ITB. Pelepasan ini berlangsung cukup sederhana, namun bermakna. Keberangkatan rombongan ini dipimpin oleh ketua panitia, Bima Narasatwika M (EL07). Semoga perjuangan kawan – kawan PSM – ITB disana dapat memberikan pembelajaran yang bermanfaat. (SENBUD/Bow)

Share Your Tought!

Email kamu enggak bakal di publish, share apalagi kami jual. Fields yang wajib ditandai pake *