TAHUKAH KAMU : Pagelaran Seni Budaya Jilid 3?

Maukah kita mempelajari dan mengajari budaya-budaya tersebut pada generasi-generasi selanjutnya? Jangan pernah merasa antipati dengan kebudayaan kita sendiri

Wildan, AR04 (Menteri Seni Budaya Keluarga Mahasiswa ITB 2007/2008)



PAGELARAN SENI BUDAYA?

Pagelaran Seni Budaya merupakan salah satu kegiatan kolaborasi unit-unit seni budaya di ITB yang dibantu dengan koordinasi Kementrian Seni dan Budaya Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB.  Pagelaran ini sendiri memiliki sejumlah latar belakang kuat yang menjadi alasan mengapa acara ini selalu diselenggarakan dan selalu ditunggu oleh Massa Kampus ITB dan Masyarakat yang mencintai seni-budaya Indonesia. Mari kita simak cerita di baliknya! :)





PAGELARAN SENI BUDAYA JILID 1

PSB (Pagelaran Seni dan Budaya) yang pertama kali diadakan pada tahun 2007 dengan tema “Cinta kita Nusantara kita”.

Hal yang melatarbelakangi PSB saat itu adalah keinginan untuk mewujudkan rasa cinta terhadap kebudayaan nusantara yang mulai dilupakan oleh bangsanya sendiri. Keanekaragaman seni dan budaya yang ada di nusantara merupakan representasi dari jati diri bangsa Indonesia sesungguhnya. Namun, hal ini lah yang dirasa semakin terkikis sehingga dikhawatirkan kedepannya bangsa Indonesia akan mengalami krisis jati diri.



PAGELARAN SENI BUDAYA JILID 2

Berbeda dengan 2 tahun sebelumnya, PSB tahun 2009 ini memiliki latar belakang kondisi perkembangan seni dan budaya Indonesia saat itu. Kecenderungan kebudayaan yang terus mengalami kemajuan dan kemunduran adalah suatu kewajaran. Namun, kondisi saat itu memperlihatkan adanya arah kemunduran terhadap kebudayaan bangsa Indonesia. Konteksnya, kemunduran ini  berupa penurunan antusias masyarakat terhadap seni dan budaya bangsanya sendiri. Apa lagi, gempuran pengaruh kebudayaan dari luar semakin memperburuk keadaan. Hal inilah yang menjadi tonggak awal diadakaanya kembali pagelaran seni dan budaya di ITB.



PAGELARAN SENI BUDAYA JILID 3

Setelah 2 tahun berlalu, inilah saatnya kita untuk kembali mengadakan Pagelaran yang Ditunggu-tunggu oleh Massa Kampus ITB dan Masyarakat!

Untuk menginisiasi acara ini, maka pada bulan Juni ini, kabinet KM ITB telah memulai langkah awal dengan mengadakan forum dengan unit-unit seni dan budaya.

Sebagai mahasiswa yang memiliki peran dalam pembangunan bangsa, dan segenap potensi yang dimilikinya, sudah sepatutnya kita perlu dilakukan langkah-langkah nyata dalam menanggapi isu-isu di masyarakat (sosial budaya).

Mari kita bersama-sama menuliskan sejarah atas penyelenggaraan PSB Jilid 3 ini! :)


SEGERA HADIR PADA

MARET 2012





via Kementrian Seni Budayadibantu Biro Komunikasi dan Informasi
Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB 2011/2012

Share Your Tought!

Email kamu enggak bakal di publish, share apalagi kami jual. Fields yang wajib ditandai pake *