Unit Kesenian Minangkabau ITB

INFORMASI

Ketua Arief Rahman (GD’12)
Tanggal Berdiri 1 Juni 1975
Alamat Sekretariat CC Barat ITB
Website http://ukm.itb.ac.id/
Contact Person Rorytend Samra (085363028752)
Kategori Rumpun Seni Dan Budaya

PROFIL UMUM

Unit Kesenian Minangkabau ITB ( UKM-ITB) merupakan unit kegiatan mahasiswa yang berada pada rumpun seni budaya KM ITB yang berasaskan kekeluargaan dan musyawarah. Tujuan didirikannya unit ini adalah untuk melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya yang berasal dari Minangkabau. Tari , musik tradisional dan randai merupakan fokus utama pelestarian kesenian unit ini. Dalam bidang budaya, UKM-ITB berusaha melestarikan alua pasambahan dan pengambilan keputusan melalui musyawarah mufakat. Selain itu unit ini juga memfasilitasi anggota dalam kegiatan olahraga, akademik dan senang-senang.

Kegiatan yang ada di UKM-ITB antara lain latihan kesenian secara rutin, Proses Penerimaan Anggota Baru (PPAB) UKM-ITB, Syukuran Wisuda, Pengenalan Kampus ITB ke sekolah-sekolah di Sumatera Barat, dan Peringatan Dies Natalis UKM-ITB.

UKM-ITB pernah menampilkan kesenian Minangkabau di kancah internasional antara lain di Beijing (1992), Rumania (1993), Festival Paduan Suara Internasional The 3rd Olympic Choir berkolaborasi dengan PSM-ITB di Jerman (2004), Charity Day IV di Jepang (2005), dan Malam Indonesia di Kyoto, Jepang (2013).

Dima bumi dipijak disinan langik dijunjuang. Alam takambang jadi guru

PRESTASI

Share Your Thought!

Email kamu enggak bakal di publish, share apalagi kami jual. Fields yang wajib ditandai pake *