Awal penentuan diadakan Refleksi Akbar KM ITB tidak lepas dengan Forum Penyelarasan Arah Gerak (FPAG) KM ITB. Dalam forum ini massa kampu dapat memberikan pendapat dan saran mereka terkait proker lembaga sampai mengusung ide kolaborasi. Refleksi Akbar mendapatkan persetujuan dari 40 lembaga KM ITB yang memiliki tujuan memberikan kilas balik apa saja yang sudah dilakukan KM ITB dan rencana masa depan untuk KM ITB.

Dalam mempersiapkan Refleksi Akbar, dibentuklah tim inisiator dari berbagai lembaga KM ITB untuk menyusun topik yang perlu dibahas di Refleksi Akbar 2020. Setelah itu, mulai diadakan open recruitment ketua Refleksi Akbar dan terpilihlah M. Hamzah Raihan Pasha (Teknik Mesin ’19) sebagai Ketua Refleksi Akbar KM ITB. Kepanitian pun dibentuk dengan mempertimbangkan kegiatan akan diadakan penuh melalui daring. Walau begitu, Refleksi Akbar terus memberikan acara-acara seru dan membuktikan bahwa jarak bukanlah sebuah masalah. Pada kesempatan ini kami dapat melakukan wawancara bersama Ketua Refleksi Akbar KM ITB dan mari kita kenal lebih lanjut Refleksi Akbar KM ITB!

Apa itu Refleksi Akbar?

Refleksi Akbar KM ITB adalah serangkaian acara untuk merefleksikan pergerakan kemahasiswaan dalam KM ITB sejak berdirinya pada 20 Januari 1996. Refleksi ini dilakukan melalui analisis sejarah dan hasil kajian yang akan disajikan pada massa KM ITB, serta memberikan wadah bagi massa KM ITB untuk menyampaikan aspirasi dan pandangan akan keberlangsungan KM ITB kedepannya.

Mengapa RA KM ITB ini diadakan?

Sejak 25 tahun berdirinya, banyak sekali peristiwa yang telah terjadi di KM ITB, entah baik maupun buruk yang menempa KM ITB hingga saat ini. Peristiwa-peristiwa tersebut tidak dapat dilupakan begitu saja. Apa yang terjadi di masa lalu merupakan bagian dari perjalanan, yang juga meliputi peristiwa saat ini. Lewat momentum 25 tahun ini, dicetuskanlah Refleksi Akbar pada FPAG Kemenkoan Dinamisasi Kampus untuk mengingat kembali peristiwa tersebut sebagai bahan evaluasi dan acuan untuk bergerak di KM ITB kedepannya.

Acara apa saja yang akan ada di RA KM ITB?

Akan terdapat beberapa mata acara, yaitu:

  1. Podcast Bareng Alumni ITB (POTRET) yang mengundang mantan K3M ITB untuk menceritakan KM ITB pada masanya. Bisa langsung dicek di Spotify!
  2. Webinar pada 16 Januari 2021 yang mengundang Pak Didik Fotunadi dan Pak Agung Wicaksono untuk menceritakan KM ITB di tahun 1998. Webinar akan diadakan lagi pada 23 Januari 2021 dengan mengundang 3 orang K3M untuk merefleksikan KM ITB pada periode 2000-2020. 
  3. Ada berbagai lomba juga, yaitu Lomba Esai, Memory Lane, Gartic, Tebak Gambar, dan TTS. Jangan lupa untuk ikutan!
  4. Virtual Exhibition Kilas Balik, yaitu pameran yang menampilkan peristiwa-peristiwa penting di KM ITB dari tahun 1996 hingga 2020.
  5. Pada puncak acara di 31 Januari 2021, akan diadakan Talk Show, Mimbar Bebas, dan Pentas Seni Amal.

Apa yang diharapkan dengan adanya RA KM ITB?

Semoga Refleksi Akbar KM ITB dapat menjadi momen refleksi untuk seluruh anggota KM ITB sehingga diperoleh pelajaran untuk mempersiapkan masa depan KM ITB yang lebih baik dan relevan, baik terhadap zaman maupun esensi dari adanya KM ITB itu sendiri.

Narasumber: Raihan Pasha


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *