Sekolah kadiv kesma diadakan oleh Kementerian Kebutuhan Dasar untuk memaparkan pengetahuan terkait divisi kesra ke mahasiswa TPB. Episode pertama terdiri dari 2 bagian dimana pada bagian pertama dilakukan pemaparan materi dan FGD kasus-kasus yang berkaitan dengan masalah akademik dan finansial bersama Divisi Kesma TPB Fakultas 2020.

Pada awal pertemuan, diberikan pemaparan materi dengan beberapa poin pembahasan, seperti

1. Sistem Pengelolaan dan Pengawasan Divisi Kesma.

Dijelaskan bagaimana alur koordinasi dari pihak Kesejahteraan Mahasiswa sehingga informasi bisa diterima oleh mahasiswa TPB. Dimulai dengan pihak kesma memberikan informasi kerja kepada ketua angkatan atau langsung kepada ketua bidang atau ketua divisi Kesma TPB melalui PJ Zona. Informasi didiskusikan bersama staff divisi lalu menghasilkan kegiatan atau hasil kerja yang akan berpengaruh pada kesejahteraan mahasiswa TPB. Apabila ketua angkatan memerlukan sesuatu dari KESMA, maka silakan ditanyakan kepada pihak KESMA. Selain itu diberikan juga anjuran pengelolaan divisi dengan pembagian kerja untuk para PJ.

2. Data Mengulang TPB 2019

Kadiv Kesma TPB diharapkan dapat memperhatikan massa/teman yang sudah memiliki tanda-tanda akan mengulang. Untuk menanggulangi massa TPB yang akan mengulang, maka dapat diadakan tutorial oleh perangkat fakultas sebagai penunjang akademik massa TPB. Teman-teman KESMA akan mengusahakan tutorial untuk massa fakultasnya yang mau belajar dan butuh belajar.

3. Kanal Informasi Akademik dan Finansial

Perlu adanya tempat penyimpanan data dan media penyebaran informasi jika dibutuhkan.

Pada bidang akademik, berisi kumpulan data dan berbagai macam kebutuhan massa TPB misalnya slide materi, poster infografis akademik, video pembelajaran dan lainnya. Pada bidang finansial, berisi info beasiswa, poster beasiswa, deadline beasiswa, poster exchange yang dapat membantu massa fakultas.

4. Semester Pendek

Semester pendek merupakan semester yang dilakukan setahun sekali setelah semester genap. SP ini setara dengan 1 semester reguler tetapi dilaksanakan selama 8 minggu. Dijelaskan juga kriteria massa prioritas yang mengikuti semester pendek dan tata cara pendaftarannya.

5. Metode Pendekatan Massa dan Alur Penyampaian Informasi

Diberikan variasi metode penyaluran informasi dan kelebihan serta kekurangan dari media yang dapat digunakan. Penyaluran Informasi yang Ideal dapat memusatkan informasi di suatu tempat yang mudah diakses dan dipublikasikan sehingga tidak mudah diabaikan, seperti linimasa, dalam bentuk rangkuman sehingga lebih mudah dibaca

6. Beasiswa UKT

Selama pandemi pasti ada beberapa mahasiswa yang merasa keberatan karena dampak pandemi ke ekonomi mereka. Dulu terdapat banding UKT yang merupakan pengurangan jumlah UKT dan dapat diikuti oleh mahasiswa semester manapun. Namun karena banding UKT belum dihadirkan lagi jadi untuk keterlibatan KESMA belum pasti untuk beasiswa UKT. Beasiswa UKT dapat membantu untuk pengurangan jumlah UKT. Pendaftaran dan pengumuman hasil beasiswa UKT melewati surat keputusan dan SIX.

7. Stakeholder Penanganan Kasus TPB

Ada beberapa pihak selain KESMA yang dapat membantu divisi KESMA TPB, seperti DITMAWA, LTPB, Direktorat Pendidikan, TU fakultas, Direktorat Keuangan, dan dapat melalui dosen wali.

Setelah pemaparan, tentu ada sesi tanya jawab yang dilanjut proses FGD. Proses FGD dibagi beberapa kelompok dengan diberikan kasus yang dicari solusinya bersama. Diakhir, setiap kelompok memaparkan solusi yang ditemukan dan diberikan tanggapan oleh pihak KESMA. Diharapkan dengan adanya sesi FGD, Kadiv KESMA TPB dapat menerapkan solusi tersebut jika menjumpai kasus yang sama di teman seangkatan mereka.

Penulis: Vania Alya, Firgina Safitri, dan Zhafira Millenia


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *