Sekolah kadiv kesma diadakan oleh Kementerian Kebutuhan Dasar untuk memaparkan pengetahuan terkait divisi kesra ke mahasiswa TPB. Episode pertama terdiri dari 2 bagian dimana pada bagian kedua ini dilakukan sharing proker antar Divisi Kesma TPB Fakultas 2020. Pada bagian 2 hari ini dimulai dengan pembukaan dilanjutkan pembagian kelompok ke breakout room masing-masing. Selanjutnya di breakout room dilakukan pemaparan terkait rencana proker-proker dari kadiv kesma TPB 2020 yang selanjutnya akan ditanggapi oleh kadiv kesma TPB 2019. Setalah selesai memaparkan rencana proker, kadiv kesma TPB 2020 kembali ke main room untuk selanjutnya dilakukan presentasi oleh 4 perwakilan fakultas dengan proker yang dianggap bagus. 

Beberapa fakultas yang berkesempatan memaparkan rencana proker mereka di main room, seperti

1. FTI

Fakultas FTI berencana melakukan proker bernama “Social Welfare” . Proker ini memiliki tujuan untuk membuat kenyamanan di lingkungan sosial FTI 2020. Proker dari Social Welfare terbagi sebagai pemenuhan aspirasi dan pemerhati. Proker ini memiliki tantangannya dalam kondisi sekarang yang online. Berbagai media pun digunakan untuk memperlancar berjalannya proker seperti menggunakan sistem OpenChat sampai membuat podcast.

2. SAPPK-G

Pada kesma fakultas SAPPK-G, memiliki 2 divisi, yaitu divisi cinta dan akademik. Divisi cinta memilki beberapa proker, “Keluarga kecil” yaitu membagi massa SAPPK menjadi kelompok kecil dengan 1-2 perwakilan divisi cinta untuk bisa lebih merangkul massa, “MECINTA” dilakukan dengan akun anonim untuk menyampaikan aspirasi, dan “FELINE” yaitu pemberian afeksi seperti ucapan ulang tahun untuk menyemangati massa SAPPK saat ada acara besar atau kegiatan besar. Sedangkan untuk Divisi Akademik memilki proker, seperti “SAPPK Sharing” dimana diundang arsitektur-arsitektur terkenal untuk berbagi ilmu, “SAPPK action” untuk mengumpulkan tutor yang berilmu lebih, dan “SAPPK’ News” berisi tentang berita-berita terkini planologi dan arsitektur untuk membuka pandangan massa kepada info dalam dan luar negeri.

3. FTSL

Pada kesma fakultas FTSL, memiliki 3 divisi, Divisi Finansial, Divisi Akademik, dan Layanan mental health. Pada Divisi Finansial berfokus untuk mendata kondisi finansial massa, memberikan informasi beasiswa, dan melakukan open donation. Pada Divisi Akademik membantu menjaga semangat massa dalam menghadapi kuliah online dengan memberikan apresiasi dan mengajak presensi rutin. Selain itu divisi akademik juga memberikan proker tutor sebaya bagi yang membutuhkan. Terakhir untuk Layanan Mental Health memberikan informasi terkait webinar mental health serta dapat menjadi “tempat curhat” massa melalui OA Line atau Discord.

Setelah pemaparan selesai, tentu diadakan proses pertanyaan dan massa boleh memberikan tanggapan maupun apresiasi. Kegiatan sekolah pun berjalan dengan lancar dan massa sangat aktif untuk memeriahkan kegiatan. Sekolah Kadiv Kesra masih memiliki 2 episode selanjutnya, diharapkan para Divisi Kesma TPB 2020 menyiapkan progress keberjalanan proker untuk SKK episode selanjutnya.

Penulis: Vania Alya, Firgina Safitri, dan Zhafira Millenia


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *