Arkavidia Talks merupakan rangkaian acara seminar dan talkshow yang mengundang para praktisi dan profesional dalam industri IT. Arkavidia Talks sendiri merupakan salah satu main event dalam rangkaian Arkavidia 7.0, yaitu festival tahunan yang diadakan oleh HMIF ITB. Tema yang dibawakan oleh Arkavidia Talks pada Arkavidia 7.0 adalah ‘Digital Independence‘. Rangkaian acara diadakan selama beberapa hari, yaitu dari tanggal 20 sampai 26 Februari dengan belasan pembicara yang berbeda dan dibagi menjadi workshop (Advanced Talks) dan seminar (Public Talks).

Advanced Talks dilakukan selama 2 hari dengan tema acara masing-masing. Pada hari pertama, Arkavidia mengundang Achmad Fahrurrozi Maskur, Security Engineer di Bukalapak, untuk membahas tentang Information Security. Dijabarkan fakta rentannya masalah keamanan dalam dunia digital dan bagaimana cara menghadapinya. Lalu pada hari kedua, berbicara tentang tema UI/UX dengan mengundang Dimas Wibowo, Co-Founder Natuno Design Lab. Disini dijelaskan bagaimana cara menerapkan behaviour pattern, pemahaman tentang kebiasaan pengguna lalu dihubungkan dalam membuat desain interface.

Public Talks dilakukan selama 3 hari dengan membawa lebih banyak pembicara dengan 3 topik utama, Our Digital Bubbles, Tech Career 101, dan All About Startups. Pada hari pertama dengan topik Our Digital Bubbles mengundang 2 pembicara yaitu, Wildan Aliviyarda, Head of Information Security Solution di Indosat ooredoo dan Kurniawan Hendi Wijaya, Senior Software Engineer di RuangGuru. Terinspirasi dari serial netflix berjudul “Social Dilemma“, pembahasan yang dibahas berputar pada topik perkembangan media sosial dan industri 4.0. Hari kedua dengan topik Tech career 101 diisi oleh 2 pembicara yaitu, Tjan Marco Orlando, Customer Success Account Manager di Microsoft Indonesia, dan Fransisca PW, Head of Engineer di Mamikos. Era digital membuat pekerjaan yang berhubungan dengan industri teknologi berkembang pesat dan arkavidia mewadahi itu untuk membagikan pengalaman dari para profesional secara langsung. Hari ketiga dengan topik All About Startups mengundang 3 pembicara yaitu, Yosia Sugialam, Co-Founder di paper.id, Adi Arriansyah, Founder dan CEO dari Sagara Technology, dan Ari Pratiwi, Cloud and Cognitive Technical Leader di IBM Indonesia. Disini dibahas bagaimana cara mengembangkan sebuah startup dan rahasia-rahasia dibalik itu.

Categories: Umum

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *