Sekolah Kadiv Kesma merupakan kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Kebutuhan Dasar untuk memaparkan pengetahuan terkait divisi kesra ke mahasiswa TPB. Sekolah Kadiv Kesma Episode 1 sudah dilaksanakan pada tanggal 28-29 Desember 2020. Pada Sekolah Kadiv Kesma Episode 2 berfokus untuk memberikan informasi terkait pendampingan kesehatan mental di ITB. Pembicara yang hadir adalah Rizki Ananda, Menteri Edukasi dan Pendampingan Kesehatan Mental (EPKM), serta Artha Turnip, Direktorat Jenderal konselor. Dalam sekolah ini diberikan informasi kondisi kesehatan mental TPB 2020 dan layanan-layanan yang diberikan.

Kesehatan mental merupakan kondisi kesejahteraan yang disadari oleh masing-masing individu. Dalam hal ini, pembicara berusaha mengerucutkan topik pembahasan untuk berfokus dalam lingkup TPB 2020. Sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu kondisi kesehatan mental TPB 2020. Berdasarkan hasil kuesioner yang dilakukan pada tanggal 6 Oktober 2020, terlihat ketakutan mahasiswa TPB berputar di masa TPB. Pada kuesioner ini diberikan pertanyaan seperti seberapa sering merasa cemas, ketakutan terbesar, dan kelebihan yang dimilki. Jawaban dari 1705 responden beragam tetapi mempunyai benang merah seperti, takut gagal masuk ke jurusan yang diinginkan, takut mendapatkan IP jelek, dan tidak menemukan teman di ITB.

Merespon kondisi tersebut tentu di ITB sudah ada pemberi layanan penunjang kesehatan mental untuk mahasiswa ITB. Terdapat 2 jenis fasilitas, ITB melalui BK ITB dan EPKM. Untuk alur konseling lama, BK ITB bekerja sama dengan Instagram @ganeshamentalcare dan OA Line Kesma untuk menghimpun permintaan konseling sebelum dilanjut untuk mengatur jadwal dengan psikolog. Dalam keberjalanan alur ini, BK ITB memperbaiki sistem yang ada dan memberikan alur konseling terbaru. Untuk sekarang mahasiswa bisa mengakses web kemahasiswaan dan melakukan permintaan konseling disana. Selanjutnya akan diarahkan untuk mengatur jadwal dengan psikolog dari Bumi Medika Ganesha. ITB pun sudah bekerja sama dengan RS Melinda, jika membutuhkan penanganan khusus, Psikolog Bumi Medika Ganesha dapat merujuk ke Psikolog RS Melinda. Selain melalui website, mahasiswa dapat mengajukan konseling melalui aplikasi ganecare yang baru saja diluncurkan pada tanggal 22 Februari 2021.

Selain memberikan layanan berupa konseling, EPKM juga memberikan layanan di luar konseling. EPKM memiliki database kumpulan layanan kesehatan mental di Mental Health Resources dan melalui tautan bit.ly/DataLayananEPKM. Selain itu EPKM baru saja bekerja sama dengan Riliv dengan memberikan voucher untuk mahasiswa ITB untuk mendapatkan platform edukasi bersama Riliv hingga mendapatkan audio visual untuk meditasi. 

Setelah memaparkan materi, dilakukan diskusi dengan studi kasus dan melihat tanggapan dari perwakilan Divisi Kesra TPB. Lalu dilanjut dengan menanyakan kabar dan kondisi masing-masing dari setiap fakultas yang datang. Tentu pembahasan yang dilakukan pada sekolah kali ini bisa berkembang tergantung dengan layanan yang ada dan kondisi terkini. Diharapkan mahasiswa TPB untuk berhubungan dengan kesra dan mendapatkan pendampingan yang tepat.

Penulis: Zhafira Millenia


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *