Industri fashion dan tekstil dikenal sebagai sumber pencemar air dan udara yang besar. Namun, ada berbagai upaya untuk memberikan alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk proses dan produk konvensional. Untuk itu, TERIKAT, himpunan mahasiswa Program Studi Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung menginisiasi penyelenggaraan ECOWEEK ITB. Tahun ini merupakan tahun ketiga bagi ECOWEEK ITB, dengan mengangkat tema ‘Sustainability and Environment’, ECOWEEK ITB 2021 kembali hadir dengan serangkaian acara pre-event yang mengarah pada acara utama, yaitu pameran karya. Rangkaian pre-event mencakup beberapa sesi webinar yang hadir setiap minggu dimulai dari bulan September. Sesuai dengan tema tahun ini, rangkaian webinar kali ini membahas tentang isu keberlanjutan, kriya, dan ruang lingkupnya dengan mengundang berbagai narasumber yang kompeten di bidang tersebut.

Acara utama ECOWEEK ITB, yaitu pameran karya mahasiswa Program Studi Kriya FSRD ITB, diselenggarakan secara luring dan daring. Pameran luring bertempat di ITB Kampus Cirebon, tepatnya di Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. Diselenggarakan pada tanggal 18 Desember 2021, ECOWEEK ITB turut mengundang beberapa sekolah di Kabupaten Cirebon untuk datang menghadiri pameran tersebut. Momen tersebut sekaligus menjadi bagian dari pre-event pembukaan ITB kampus Cirebon, juga merupakan titik akhir dari ITB Ultra Marathon yang diselenggarakan di hari yang sama.

Sementara pameran daring dapat diakses lewat web www.ecoweekitb.com, menampilkan karya akhir semester para mahasiswa Program Studi Kriya yang terbagi menjadi 11 mata kuliah. 

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *