Saat ini, dunia maya di Indonesia sedang dihebohkan oleh sosok Ghozali yang berhasil meraup keuntungan hingga miliaran rupiah di salah satu aset investasi turunan kripto, yaitu Non-Fungible Token atau NFT. Nah, apa definisi dari NFT itu sendiri?

Mudahnya, Non-Fungible Token atau NFT adalah aset digital yang satu-satunya dimiliki oleh Anda. Sebagian besar NFT menggunakan teknologi blockchain ethereum untuk merekam transaksi di dalamnya. NFT mewakili barang berharga atau unik dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti. 

Barang yang bisa dijual dengan bentuk NFT bisa berupa karya seni seperti aset game, foto, video, musik dan lain-lainya. Anda juga bisa mengubah aset dokumen menjadi NFT. Mengenai harga jual, tergantung dari faktor subjektif seperti kualitas, kreativitas dan reputasi dari sang seniman. Masing-masing aset NFT dibuat hanya satu kali dan tidak bisa ditukar atau diperdagangkan dengan NFT lainnya.

Salah satu keunggulan NFT adalah memungkinkan pembeli untuk memiliki barang asli tanpa ada yang bisa menirunya. Tidak hanya itu, NFT juga menyertakan bukti kepemilikan dalam bentuk sertifikasi. Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa menjual foto selfie kita seperti Ghozali? Langkah pertama adalah memilih pasar NFT yang tepat. 

Ada lusinan pasar, dan banyak di antaranya berspesialisasi dalam jenis aset digital tertentu. OpenSea saat ini menawarkan pasar NFT terbesar dan paling beragam. Setelah anda memilih pasar yang ingin anda gunakan, tautkan dompet cryptocurrency yang didanai, pilih opsi “Mint an NFT”, dan unggah dokumen digital Anda. Proses setiap pasar akan sedikit berbeda, tetapi sebagian besar memungkinkan Anda untuk mencetak NFT hanya dengan beberapa klik.

Setelah Anda mencetak NFT, Anda akan diberikan pilihan untuk mendaftarkannya dijual di pasar. Perhatikan bahwa meskipun Anda dapat mentransfer dan menjual NFT Anda di pasar lain, mungkin dikenakan biaya tambahan. Klik tombol “Jual”, dan ikuti petunjuknya. Di sini Anda akan dapat memberikan beberapa detail tentang transaksi seperti harga atau batas waktu lelang dan mata uang kripto yang dapat digunakan pembeli NFT untuk membayar Anda.  

Pasar akan menghitung biaya gas atau gas fees apa pun pada titik ini, yang merupakan biaya jaringan blockchain Ethereum untuk mencatat transaksi. Biaya gas ini bervariasi tergantung pada seberapa sibuk jaringan blockchain saat ini. Pasar itu sendiri juga akan mencantumkan biayanya untuk menangani penjualan, biasanya persentase dari harga jual NFT akhir. 

Setelah Anda menyelesaikan daftar, NFT Anda tersedia untuk dibeli di pasar. Sekarang Anda perlu mempromosikan penjualan kepada pelanggan potensial melalui situs web atau media sosial Anda. Anda juga dapat mengelola cantuman NFT, namun ingat bahwa membuat perubahan atau menghapus cantuman dapat dikenakan biaya lain, dan biaya gas yang telah Anda bayarkan tidak dapat dikembalikan.

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *