KEMENKOAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA
Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa bertanggung jawab atas pemetaan aspek kesejahteraan mahasiswa yang holistik dan upaya pemenuhan aspek-aspek tersebut. Selain itu, juga bertanggung jawab atas pengelolaan dan perencanaan mitigasi permasalahan kesejahteraan mahasiswa di KM ITB, serta pengupayaan kerjasama, inisiasi, dan pemberdayaan baik internal maupun eksternal KM ITB untuk menunjang pemenuhan kebutuhan mahasiswa. Hal ini dikemas dalam kementerian di Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa sesuai dengan program kerja masing-masing guna mewujudkan mahasiswa yang sejahtera.
Deskripsi
Kedeputian Riset dan Relasi Lembaga adalah kedeputian yang berfungsi menjalin relasi dengan lembaga dalam rangka menyelaraskan arah gerak Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa dengan kondisi KM ITB dan mewujudkan standarisasi kesejahteraan anggota lembaga. Dalam menunjang kesejahteraan masing-masing anggota KM ITB, terdapat lembaga-lembaga yang dapat membantu menyediakan fasilitas tersebut. Dengan adanya hubungan yang terjalin dengan baik dan intens dengan lembaga, diharapkan kondisi dan permasalahan yang dihadapi anggota KM ITB dapat segera diidentifikasi dan ditangani. Selain itu, dapat dianalisis kondisi fasilitas Kesra lembaga-lembaga KM ITB dan dibentuk dokumen rancangan arah gerak yang memberikan standarisasi bagi fasilitas kesejahteraan mahasiswa yang diselenggarakan oleh lembaga sehingga anggota KM ITB dapat menjangkau layanan tersebut dengan mudah.
Soft Competencies
FLX – FLEXIBILITY
Hard Competencies
– Kemampuan Berkomunikasi
– Public Speaking
– Kemampuan Mengolah Data
– Kreatif dan Inovatif
Technical Competencies
– Google Workspace
– Zoom
Divisi Riset
Divisi Riset bertugas untuk mengintegrasikan data yang telah dikumpulkan dalam satu wadah penyimpanan terpusat. Data tersebut akan diolah oleh Divisi Riset untuk diteruskan ke kementerian terkait untuk diselesaikan secara taktis atau diolah untuk penyusunan dokumen rancangan arah gerak Kesejahteraan Mahasiswa lembaga.
Divisi Relasi
Divisi Relasi bertugas menjalin relasi dengan lembaga-lembaga di KM ITB sehingga dapat terpantau kondisi nyata kesejahteraan mahasiswa dalam lembaga-lembaga tersebut. Dari relasi yang terjalin, Divisi Relasi dapat mengambil data mengenai permasalahan dan kondisi yang dialami lembaga dan diteruskan ke Divisi Riset.
Deskripsi
Kedeputian Komunikasi dan Informasi hadir sebagai garda terdepan dalam penyampaian dan penerimaan informasi baik dari Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa ke anggota KM ITB maupun sebaliknya. Penyampaian informasi yang dimaksud adalah sebagai wadah untuk mendukung ketersampaian informasi dalam pemenuhan kebutuhan anggota KM ITB yang telah disediakan Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa, sehingga dibutuhkan fasilitas penyampaian informasi yang informatif dan mudah untuk diakses oleh anggota KM ITB. Penerimaan informasi yang dimaksud adalah sebagai wadah pengaduan yang solutif dan real-time untuk pemenuhan kebutuhan anggota KM ITB dari berbagai pihak internal ataupun eksternal. Oleh karena itu, dibutuhkan penyampaian informasi yang ter-update, lengkap, dan mudah diakses akan mewujudkan ruang kesejahteraan mahasiswa yang dapat tercapai secara maksimal.
Soft Competencies
TW – TEAMWORK
IU – INTERPERSONAL UNDERSTANDING
Hard Competencies
– Mengoperasikan aplikasi desain
– Copywriting
– Kemampuan Berkomunikasi
– Social Media Management
– Web Development
– Kreatif dan Inovatif
Technical Competencies
– OA Line
– Aplikasi desain, seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Canva, dan lainnya
– Programming (Web Development)
– Figma, Adobe XD (UI/UX Development)
– Google Workspace
Inisiator Informasi dan Konten
Inisiator Informasi dan Konten bertugas untuk mengumpulkan informasi-informasi baik dari dalam Kedeputian Kominfo maupun dari Kementerian dalam Kemenkoan Kesma dan menyusunnya menjadi suatu konten yang nantinya akan dipublikasikan, salah satunya melalui OA Line Kesma.
Inisiator Multimedia
Inisiator Multimedia bertugas untuk menjadi penyedia fasilitas keluar dan masuknya informasi di Kemenkoan Kesma. Inisiator ini memiliki tugas untuk berhadapan langsung dengan massa kampus melalui platform OA Line Kesma dan Forum Kesma. Selain itu, Inisiator ini juga memiliki tugas untuk memublikasikan informasi-informasi yang telah dalam Kedeputian Kominfo.
Inisiator Desain
Inisiator Desain bertugas untuk memvisualisasikan informasi-informasi yang didapatkan baik dari dalam Kedeputian Kominfo maupun dari Kementerian dalam Kemenkoan Kesma yang nantinya akan dipublikasikan, salah satunya melalui OA Line Kesma.
Inisator Web
Inisiator Web bertanggung jawab untuk mewujudkan suatu fasilitas sebagai penunjang kesejahteraan mahasiswa ITB. Fasilitas yang akan digunakan berupa website yang harapannya dapat memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa ITB
Deskripsi
Kementerian Kebutuhan Dasar adalah kementerian yang bergerak untuk mengusahakan pemenuhan kebutuhan massa KM ITB yang bersifat personal atau individu. Kementerian ini berupaya untuk menyelesaikan permasalahan terkait kebutuhan dasar yang terjadi pada massa KM ITB. Kebutuhan dasar yang dimaksud merupakan kebutuhan dalam aspek finansial dan akademik. Dengan terpenuhinya kebutuhan dasar setiap individu mahasiswa maka harapannya mahasiswa tersebut dapat fokus untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya. Selain penyelesaian masalah, Kementerian Kebutuhan Dasar juga berupaya melakukan pendampingan sehingga massa KM ITB dapat menuju kemandirian dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.
Soft Competencies
INFO – INFORMATION SEEKING
OC – ORGANIZATIONAL COMMITMENT
FLX – FLEXIBILITY
Hard Competencies
– Project Management
– Public Speaking
– Data Management and Analytics
– Time Management
– Problem Solving
– Empati
Technical Competencies
– Microsoft Excel atau Spreadsheet
– Adobe Photoshop
– Canva
Kedirjenan Finansial
Direktorat Jenderal Finansial merupakan kedirjenan yang bertugas sebagai perpanjangan tangan menteri dalam mengkoordinasi tugas Kementerian dalam pemenuhan finansial massa KM ITB. Dalam hal ini, segala bentuk permasalahan dan perancangan penyelesaian masalah akan dipenuhi oleh kedirjenan ini secara keseluruhan, serta melaporkannya kepada menteri dan wakil menteri.
Kedirjenan Fisiologis
Direktorat Jenderal Fisiologis merupakan kedirjenan yang bertugas sebagai perpanjangan tangan menteri dalam mengkoordinasi tugas Kementerian dalam pemenuhan fisiologis massa KM ITB. Dalam hal ini, kebutuhan fisiologis yang dimaksud melingkupi kebutuhan sandang, pangan, dan papan, serta hal-hal lain yang tidak disebutkan namun dicakup sebagai kebutuhan fisiologis.
Kedirjenan Akademik
Direktorat Jenderal Akademik merupakan kedirjenan yang bertugas sebagai perpanjangan tangan menteri dalam mengkoordinasi tugas Kementerian dalam pemenuhan kebutuhan akademik massa KM ITB. Dalam hal ini, kebutuhan akademik yang dimaksud mencakup penerusan informasi akademik, pemenuhan materi akademik, dan juga hal-hal lain yang dicangkup dalam ranah akademik namun tidak disebutkan.
Deskripsi
Kementerian Kebutuhan Lanjutan adalah kementerian yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasca kampus anggota KM ITB. Kementerian Kebutuhan Lanjutan berfokus pada beberapa aspek seperti persiapan karier, studi lanjut, dan lainnya. Hadirnya kementerian ini diharapkan mampu menyediakan fasilitas penunjang bagi mahasiswa ITB dalam rangka menghadapi kehidupan pasca kampus.
Soft Competencies
INFO – INFORMATION SEEKING
OC – ORGANIZATIONAL COMMITMENT
FLX – FLEXIBILITY
Hard Competencies
– Kreatif & Inovatif
– Project Management
– Negotiation Skills
– Social Media Skills
– Data Management and Analytics
– Research Skills
– Copywriting Skills
Technical Competencies
– Adobe Premiere
– Adobe Photoshop
– Canva
– Illustrator
– Medium
Kedirjenan Persiapan Karir
Direktur Jenderal Persiapan Karir berfokus untuk memberikan pengetahuan serta informasi mengenai karier serta magang, tidak hanya itu Direktur Jenderal Persiapan Karir juga akan memimpin pembentukan kegiatan yang mampu memperbesar kesempatan massa kampus dalam mendapatkan pekerjaan ataupun magang.
Kedirjenan Persiapan Studi Lanjut
Direktur Jenderal Studi Lanjut berfokus untuk memimpin kerdirjenannya dalam memberikan informasi dan hal yang dapat dilakukan oleh seorang mahasiswa untuk melanjutkan studi lanjut baik informasi negara-negara, kampus, maupun beasiswa strata dua. Direktur Jenderal Studi Lanjut juga akan membentuk berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman serta minat massa kampus dalam menjalani pendidikan strata dua.
Kedirjenan Jurnalistik
Direktur Jenderal Jurnalistik berfokus memimpin pada pengemasan konten dalam bentuk tulisan dari berbagai sumber untuk memastikan ilmu terkait persiapan karir, persiapan studi lanjut, dan kebutuhan lanjutan lainnya tak lengkang oleh waktu dan dapat diakses oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun secara gratis.
Kedirjenan Relasi Eksternal dan Informasi
Direktur Jenderal Relasi Eksternal dan Informasi bertugas menghubungkan Kementerian Kebutuhan Lanjutan dengan pihak eksternal serta melakukan publikasi dan desain terkait acara dan juga informasi untuk memenuhi kebutuhan massa ITB dalam hal persiapan karier, studi lanjut, dan kebutuhan lanjutan lainnya.
Deskripsi
Kementerian Edukasi dan Pendampingan Kesehatan Mental (EPKM) adalah kementerian yang berfungsi dibawah Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa (Kesejahteraan Mahasiswa), yang hadir untuk memenuhi kebutuhan psikis mahasiswa anggota KM ITB. Demi mendukung visi, misi, dan tujuan K3M dan Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa, Kementerian EPKM berfokus pada peningkatan edukasi dan pendampingan dalam rangka pemenuhan kesejahteraan mental di ITB. Kementerian EPKM mengedepankan prinsip kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai pihak termasuk Ditmawa ITB, Bimbingan Konseling (BK) ITB, psikolog/psikiater, komunitas dan tim pra-legal yang ahli dalam bidangnya. Selain bekerjasama dengan pihak luar, Kementerian EPKM juga menjaga hubungan dan kolaborasi dengan elemen-elemen lain dalam KM ITB seperti Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Unit Kegiatan Mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan psikis dan menciptakan lingkungan kampus yang sehat mental.
Soft Competencies
DEV – DEVELOPING OTHERS
SCT – SELF-CONTROL
AT – ANALYTICAL THINKING
EXP – Expertise
Hard Competencies
– Project Planning and Execution
– Copywriting
– Social Media Development
Technical Competencies
– Adobe Photoshop
– Adobe Premiere
– Illustrator
– Canva
– Google Workspace
Kedirjenan Platform dan Relasi (Formasi)
Kedirjenan Formasi bertugas dalam memastikan tercapainya pemenuhan kebutuhan edukasi kesehatan mental bagi massa kampus, menjadi penghubung kementerian dengan elemen KM ITB dan/atau komunitas eksternal, dan mengembangkan kanal media Ganesha Mental Care.
Kedirjenan Konselor
Kedirjenan Konselor bertugas dalam memastikan kebutuhan pendampingan kesehatan mental melalui program kerja yang dibuat terpenuhi, menambahkan data fasilitas dan layanan kesehatan mental di dalam maupun di luar kampus, dan menjaga kerjasama dan hubungan baik dengan platform pendamping dari pihak eksternal.
Deskripsi
Kementerian Advokasi Mahasiswa adalah kementerian yang memiliki fungsi kerja sebagai koordinator pergerakan mahasiswa dalam mengadvokasi kesejahteraan mahasiswa dan memberikan evaluasi keberjalan kebijakan kampus kepada pembuat kebijakan khususnya rektor beserta jajarannya. Hal ini bertujuan untuk mensinkronisasi aset utama ITB yaitu Mahasiswa, Dosen, dan Tenaga Kependidikan dalam menyelesaikan isu atau permasalahan kesejahteraan mahasiswa yang berkaitan dengan kebijakan kampus, serta menjamin kehidupan mahasiswa yang harmonis dan sejahtera.
Soft Competencies
INFO – INFORMATION SEEKING
RB – RELATIONSHIP BUILDING
Hard Competencies
– Project Management
– Data Management
– Kreatif & Inovatif
– Komunikasi
– Public Speaking
Technical Competencies
– Adobe Photoshop
– Canva
– Penggunaan Microsoft Excel, Microsoft Word, Google Sheet, Google Docs, dan Google Drive
Kedirjenan Medinfo
Kedirjenan Media Informasi bertanggung jawab dalam mengelola desain dan informasi kementerian. Kedirjenan ini berfokus pada perancangan grand design dan penciptaan ilustrasi yang mendukung penyampaian informasi-informasi dari kedirjenan lainnya.Selain itu, Kedirjenan Media Informasi juga bertujuan untuk merancang dan merencanakan kegiatan penyebaran informasi
Kedirjenan Isu General
Kedirjenan Isu General bertanggung jawab dalam kajian dan penyelesaian isu yang bersifat general atau menyangkut berbagai pihak. Kedirjenan Isu General ini bertanggung jawab dalam mengadvokasikan kebutuhan kesejahteraan massa kampus kepada pihak ITB sesuai dengan sifat isu yang diemban. Hasilnya berupa rekomendasi kajian dan pengawalan ketercapaian isu
Kedirjenan Isu Sektoral
Kedirjenan Isu Sektoral bertanggung jawab dalam kajian dan penyelesaian isu yang bersifat sektoral atau menyangkut pihak/individu saja. Kedirjenan Isu Sektoral ini bertanggung jawab dalam mengadvokasikan kebutuhan kesejahteraan massa kampus kepada pihak ITB sesuai dengan sifat isu yang diemban. Hasilnya berupa rekomendasi kajian dan pengawalan ketercapaian isu.
Kedirjenan Advokasi TPB
Kedirjenan Advokasi TPB bertanggung jawab dalam kajian dan penyelesaian isu yang khusus menyangkut Mahasiswa TPB (Tahap Persiapan Bersama). Kedirjenan Advokasi TPB ini bertanggung jawab dalam mengadvokasikan kebutuhan kesejahteraan Mahasiswa TPB kepada pihak ITB. Hasilnya berupa rekomendasi kajian dan pengawalan ketercapaian isu.
Kedirjenan Advokasi Advisor
Kedirjenan Advokasi Advisor akan menjadi penghubung antara mahasiswa dan lembaga dengan kementerian. Kedirjenan Advokasi Advisor bertanggung jawab dalam mengumpulkan aspirasi ataupun kebutuhan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan kesejahteraannya sehingga Kementerian Advokasi Kebijakan Kampus dapat membantu mencarikan solusi atas permasalahannya ataupun meneruskannya ke pihak terkait yang bertanggung jawab.
Selain itu, Kedirjenan Advokasi Advisor juga bertanggung jawab dalam menjalin hubungan baik dengan civitas kampus sehingga kedepannya bisa bekerja salam dalam menyelesaikan masalah kesejahteraan