BANDUNG, km.itb.ac.id – Pada Minggu (21/01/2018), telah dilaksanakan Laku Kreatif: Nyaah ka Bandung di Car Free Day (CFD) Dago. Program kerja dari Kementerian Kebijakan Daerah tersebut mengusung tema “Bandung Kusayang, Plastik Kubuang”.

Tujuan dilaksanakannya Laku Kreatif: Nyaah ka Bandung adalah untuk mengembalikan budaya “diet kantong plastik” pasca dihentikannya aturan plastik berbayar. Selain itu, kegiatan ini pun menjadi momen pengingat bagi masyarakat bahwa Kota Bandung memiliki Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik dan pernah mengaplikasikan perda tersebut dalam bentuk plastik berbayar sebesar Rp200,00.

Kantong plastik yang dibawa masyarakat ketika beraktivitas di CFD Dago ditukar dengan kantong kain yang lebih ramah lingkungan dan tahan lama. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal masyarakat Kota Bandung untuk melakukan dan mengembalikan budaya “diet kantong plastik” meskipun aplikasi dari perda tersebut sudah tidak diberlakukan. Bijak dalam menggunakan kantong plastik dapat menjadi parameter dalam mencintai Bandung secara utuh.

Kementerian Kebijakan Daerah
Kementerian Koordinator Sosial Politik
Kabinet Suarasa KM ITB
2017/2018

#SUARASA
#SuarkanAsaSuarakanRasa
#lakukreatif
#nyaahkabandung
#bandungkusayangplastikkubuang