BANDUNG, km.itb.ac.id – Diklat Aktivis Terpusat (DAT) adalah adalah ajang penyiapan generasi penerus KM ITB yang mendorong pesertanya agar memiliki visi besar bagi lembaga tempatnya bernaung maupun KM ITB secara keseluruhan serta mampu menghidupkan pergerakan KM ITB ke depan melalui pendidikan dan pelatihan. DAT 2018 berlangsung sejak Jumat (12/1/2018) sampai dengan Sabtu (13/1/2018) di ITB Jatinangor. Acara ini diikuti oleh 53 peserta yang mewakili beberapa lembaga yang ada di KM ITB.

Pada hari pertama, dilaksanakan upacara pembukaan yang dilaksanakan di amphiteater ITB Jatinangor. Upacara pembukaan ini diisi dengan sambutan Menteri Sinergisasi Kaderisasi Lembaga Kabinet KM ITB 2017/2018, Fadil Kusuma Wirotama (MRI’13) dan ketua pelaksana DAT 2018, Muhammad Rory Abduljabbar (GD’15). Selanjutnya acara dilanjutkan dengan seminar yang diawali dengan membahas self leadership yang disampaikan oleh Yan Pandu Akbar (FI’13). Sesi ini dimoderatori oleh Rosalita Elstefani (OS’15). Kemudian dilanjutkan dengan topik kedua yaitu tentang decision making yang diberikan oleh M. Ali Nur (MS’12) . Sesi ini di moderatori oleh Jumadila Mustika (MRI’15). Selanjutnya para peserta diberikan tugas perkelompok dan mempresentasikan tugas yang telah dikerjakannya kepada peserta lainnya.

Pada hari kedua, seminar pertama berisikan materi sejarah kelembagaan KM ITB yang diisi oleh Ardhi Rasy Wardhana (TA’13). Dilanjutkan dengan materi kepemimpinan di organisasi KM ITB yang disampaikan oleh Afif Pajar (MS’14). Kemudian materi tentang lembaga-lembaga di ITB yang diberikan oleh Fauzan Makarim (TM’13) dan Dita Amallya (MA’13). Ketiga sesi ini dimoderatori oleh Anang Marjono (SI’15). Setelah itu para peserta diajak berdiskusi mengenai paradigma tiga arah gerak yang disampaikan oleh tiga orang pembicara, yaitu Kurnia Sandi Girsang (TI’13), Malik Astar Al Kaadzimi (FT’14), dan Muhammad Fadhil D. (PL’13) yang dimoderatori oleh Afiyah A. Dalimunthe (TI’15). Lalu para peserta kembali diberikan waktu untuk berdiskusi dengan kelompoknya untuk memberikan sebuah solusi dari sebuah permasalahan. Kemudian di akhir sesi para peserta memaparkan hasil diskusinya. Setelah pemaparan tersebut para pesertapun melingkar berdiskusi mengenai sinergiaksi yang disampaikan oleh Adhy Satya Dharma Octavia (FI’11) dan Fadil Kusuma Wirotama (MRI’13). Diskusi ini dimoderatori oleh Faisal Alviansyah (FI’15).

Acara DAT 2018 ini ditutup dengan upacara penutupan, dimana para peserta menuliskan komitmen-komitmennya. Kemudian dilanjutkan orasi dari Presiden KM ITB 2017/2018 Ardhi Rasy Wardhana (TA’13) dan pelantikan sebagai alumni DAT 2018. Sebelum acara upacara penutupan selesai, diumumkan pula peserta terbaik pada DAT 2018 ini, yaitu Abdul Kadir Al Hamid (SI’15) yang mewakili lembaga HMS ITB dan Shofiya Qurrotu A. (DP’15) yang mewakili lembaga INDDES ITB.

Kementerian Sinergisasi Kaderisasi Lembaga
Kementerian Koordinator Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa
Kabinet Suarasa KM ITB
2017/2018

#SUARASA
#SuarkanAsaSuarakanRasa