HIMASTRON ITB

Himpunan Mahasiswa Astronomi ITB

Himpunan Mahasiswa Astronomi (Himastron) ITB merupakan organisasi yang beranggotakan mahasiswa dari program studi astronomi di ITB. Himastron ITB didirikan berdasarkan kebutuhan mahasiswa astronomi ITB untuk dapat memiliki wadah berorganisasi. Penamaan “Himastron” mengikuti penamaan partikel sub atomik seperti proton, elektron, dan neutron.

Kabar Terkini

Coming Soon!

Halo! Kamu baru saja mengunjungi halaman berita dari lembaga terkait! Tunggu update dari kami selanjutnya ya!

Hari Jadi

19 Oktober 1965

Visi

“Himastron ITB yang berdampak luar dan dalam sebagai inisiator pemasyarakatan astronomi melalui kolaborasi dan aktualisasi keilmuan”

Misi

  1. Membangun atmosfer kekeluargaan yang ceria, apresiatif, dan toleran melalui upaya pemenuhan kesejahteraan anggota. #2020Ceria
  2. Membentuk anggota yang cakap dan bertanggung jawab sebagai mahasiswa astronomi berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi. #2020Belajar
  3. Mengintensifkan kolaborasi dan penerapan keilmuan untuk aktualisasi yang berdampak. #2020Tajam
Program Kerja Himpunan

Pembinaan Anggota Muda (PAM)

Osjur dari mahasiswa yang baru memasuki jurusan Astronomi. Pembinaan terhadap massa muda jurusan Astronomi yang baru mau memasuki Himastron untuk bisa menjadi Anggota Biasa.

TELING (Teleskop Keliling)

Pengamatan astronomi bersama masyaraakt yang dilakukan bertepatan dengan hari-hari besar astronomi.

Astrodukasi

Pengenalan seputar astronomi terhadap sekolah-sekolah seperti TK, SD, dll, sesuai dengan permintaan lembaga terkait. Merupakan salah satu program kerja unik dan fresh dari Himastron (Inovasi).

AstroTalks

Pengelolaan media sosial Himastron (Line, Instagram, dll). Contohnya di instagram Himastron di-post kalender astronomi yang terjadi dalam satu bulan.

Sejarah Himpunan

Himastron ITB didirikan pada 19 Oktober 1965 di Observatorium Bosscha, Lembang. Berdirinya organisasi ini diinisiasi oleh beberapa mahasiswa astronomi yang jumlahnya masih sedikit kala itu, yakni tidak lebih dari 10 orang, dan dibantu oleh dosen astronomi saat itu yang bernama Prof. Dr. The Pik Sin. Saat awal terbentuknya, Himastron bernama HIMASTRO, yang kemudian diganti menjadi Himastron, agar terdengar lebih ilmiah, seperti halnya elektron, proton, dan neutron.
Himastron merupakan organisasi yang bersifat keahlian. Dalam tahun ke tahun, Himastron ITB telah aktif melakukan kegiatan – kegiatan keilmuan dengan berbagi ilmu astronomi kepada masyarakat. Beberapa diantaranya biasanya dilakukan saat memperingati fenomena – fenomena astronomi tertentu, seperti gerhana matahari dan World Space Week.

Profil / Asas Himpunan

Tujuan Himastron ITB menurut AD/ART Himastron ITB :
1. Memperjuangkan kepentingan anggota dalam bidang studi dan kesejahteraan.
2. Memupuk dan membina kekeluargaan antaranggota.
3. Membentuk anggota yang kreatif, inovatif, berwawasan luas, dan berbudi pekerti luhur.
4. Memperjuangkan nilai-nilai kebenaran berdasarkan kemanusiaan.
5. Mengembangkan dan memasyarakatkan ilmu astronomi.

Budaya Himpunan

1. Himastron memiliki acara rutin 2 tahunan bernama Astara Ganesha untuk memperingati World Space Week, yang tujuan utamanya adalah untuk memasyarakatkan ilmu astronomi.
2. Saat arak – arakan, Himastron biasanya menyanyikan yel-yel rasi bintang
3. Biasanya setiap tahunnya Himastron ITB mempunyai proker open teleskop, dimana masyarakat dapat mencoba mengamati benda langit menggunakan teleskop

Our Lesson Learned

Hal yang dapat dipelajari dari kepengurusan Himastron ITB sebelumnya antara lain upaya perbaikan struktur organisasi, alur knowledge management, alur timeline, dan konsep pewadahan aktualisasinya yang senantiasa dilakukan untuk mencapai kondisi sistem di Himastron yang lebih baik lagi. Pengetahuan mengenai hal hal yang sudah dibangun di kepengurusan sebelumnya juga harus diketahui dengan baik sebagai modal untuk melangkah lebih jauh lagi, contohnya seperti penggencaran penggunaan berbagai platform media sosial yang dimiliki Himastron ITB sebagai wadah aktualisasi diri.

More About Us

1. Himastron ITB merupakan himpunan mahasiswa astronomi satu satunya di Indonesia
2. Setiap anggota Himastron ITB memiliki nama lapangan yang mengambil dari nama – nama benda langit seperti bintang, rasi bintang, planet, dan lain – lain.

Kontak Intrakampus

Alfania Elian Diva
Astronomi ’17
082130320146 / divalienn (Line)
Email : himastron_itb@km.itb.ac.id
OA Line : @himastronitb

Alamat

Gedung Mektan Lantai 1 (sebelah utara)
Jl. Ganesha No.10, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Social Media

Kunjungi media sosial resmi himpunan kami di sini!

Berikan penilaian terhadap kesesuaian informasi dan kemudahan akses halaman ini!