HIMASTRON ITB

Himpunan Mahasiswa Astronomi ITB

Himpunan Mahasiswa Astronomi (Himastron) ITB merupakan organisasi yang beranggotakan mahasiswa dari program studi astronomi di ITB. Himastron ITB didirikan berdasarkan kebutuhan mahasiswa astronomi ITB untuk dapat memiliki wadah berorganisasi. Penamaan “Himastron” mengikuti penamaan partikel sub atomik seperti proton, elektron, dan neutron.

Kabar Terkini

Hari Jadi

19 Oktober 1965

Visi

“Himastron ITB yang berdampak luar dan dalam sebagai inisiator pemasyarakatan astronomi melalui kolaborasi dan aktualisasi keilmuan”

Misi

  1. Membangun atmosfer kekeluargaan yang ceria, apresiatif, dan toleran melalui upaya pemenuhan kesejahteraan anggota. #2020Ceria
  2. Membentuk anggota yang cakap dan bertanggung jawab sebagai mahasiswa astronomi berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi. #2020Belajar
  3. Mengintensifkan kolaborasi dan penerapan keilmuan untuk aktualisasi yang berdampak. #2020Tajam
Program Kerja Himpunan

Kesekjenan

Departemen yang bertanggung jawab mengatur dan mengontrol kegiatan di himpunan secara umum, memanajemen linimasa himpunan, serta menyebarkan informasi yang masuk dan keluar di himpunan.

  1. Sekretaris: divisi yang bertugas untuk membuat dan menghimpun segala dokumen administrasi yang diperlukan. Divisi Sekretaris tidak memiliki program kerja khusus namun memiliki fungsi kerja yang dilaksanakan sepanjang waktu kepengurusan yaitu administrasi transparan, pengarsipan, dan pengawasan.
  2. Bendahara: divisi yang bertugas untuk mengoordinasi, mengevaluasi, dan membantu pemenuhan kebutuhan pendanaan di Himastron ITB. Divisi Bendahara tidak memiliki program kerja namun memiliki fungsi kerja yang dilaksanakan sepanjang waktu kepengurusan yaitu alur keuangan, kas, dan transparansi keuangan.
  3. Tim Dana Usaha: tim yang berada di bawah bendahara dan bertanggung jawab untuk mengusahakan pemenuhan kebutuhan dana setiap program kerja dalam kepengurusan tetap terjaga. Tim Dana Usaha tidak memiliki program kerja khusus namun memiliki fungsi kerja yang diselenggarakan sepanjang kepengurusan untuk melaksanakan fundraising baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media sosial instagram (@astro.merch) dan e-commerce.
  4. Media Komunikasi dan Informasi
    1. Pengelolaan Aset Digital: dokumentasi aset digital berupa dokumentasi kegiatan Himastron ITB melalui penyimpanan daring.
    2. Pembuatan Materi Publikasi: menyediakan layanan pembuatan materi publikasi kepada BP Himastron ITB dengan SOP yang berlaku.
    3. Pengelolaan Media Sosial Himastron ITB: instagram @himastronitb dan twitter @Himastron_ITB

Kesenatoran

  1. Kehadiran Senator: melaporkan dan melaksanakan kewajibannya dalam menghadiri agenda Kongres KM ITB
  2. Berita Senator: informasi seputar Kesenatoran Himastron ITB, Kongres KM ITB, dan KM ITB dalam bentuk infografis.
  3. Julid Kampus: forum dengan bahasan isu dan permasalahan yang terjadi di KM ITB.
  4. Arsip Kesenatoran: pengarsipan kegiatan yang dilakukan oleh Kesenatoran Himastron ITB.
  5. The Best Aspirator: apresiasi kepada anggota Himastron ITB yang memberikan aspirasi terbaik.
  6. Podcast: eskalasi isu kampus untuk meningkatkan antusiasme massa terhadap isu politik yang sedang berkembang di KM ITB.

Pengembangan Sumber Daya Anggota

  • Grand Design Kaderisasi: memperbarui GDK Himastron ITB.
  1. Kaderisasi
    1. Pembinaan Anggota Muda: program kaderisasi awal anggota muda Himastron ITB untuk menjadi anggota biasa dalam regenerasi anggota.
    2. Magang BP Himastron ITB: perkenalan ranah kerja bagi anggota biasa Himastron ITB yang baru dilantik.
    3. Sekolah Himastron: pemenuhan profil yang dibutuhkan untuk seorang pembuat kebijakan di kepengurusan Himastron ITB periode selanjutnya.
    4. Latihan Kepemimpinan Organisasi (LKO): pemberian pelatihan soft skill kepada calon Badan Pengurus Himastron ITB.
  2. Manajemen Sumber Daya Anggota
    1. Stats Cards: “kartu” yang berisikan feedback bulanan kepada anggota berupa jumlah EXP (experience) yang mereka miliki.
    2. Level Up!: ketika EXP bar pada stats cards telah penuh maka level anggota akan bertambah dan anggota menerima reward atas pencapaiannya.
    3. We Want You: rangkaian prosesi perekrutan anggota untuk suatu kepanitiaan.
    4. ApNight H* 2021: malam penghargaan dan pemberian apresiasi kepada anggota Himastron ITB dengan performa terbaik.

Keilmuan dan Karya

  • Astara Ganesha 2021: event besar Himastron ITB yang digelar setiap dua tahun sekali untuk memasyarakatkan ilmu astronomi. Astara Ganesha 2021 telah diselenggarakan pada bulan Oktober 2021 dan telah dipublikasikan di akun instagram resmi @astaraganesha
  1. Keprofesian
    1. Mari Kajian: meningkatkan budaya diskusi dan kepekaan anggota terhadap isu dan permasalahan astronomi terkini, meningkatkan kolaborasi keilmuan dengan pihak di luar Himastron ITB.
    2. Pelatihan Dasar Astronomi: kegiatan pelatihan skill dan keilmuan dasar astronomi. Pelatihan seperti programming, observatorium visual, astrofotografi atau kompetensi lainnya.
    3. Set&riset: sarana bagi anggota Himastron ITB untuk ikut berinovasi dan berkarya dengan melakukan riset seputar keilmuan astronomi.
    4. After-Campus Talk: kegiatan sharing bersama narasumber dengan topik pembahasan berfokus pada dunia pasca kampus.
  2. Jangkauan Publik
    1. AstroTalks: konten berupa informasi, berita, ide, hasil kajian, diskusi, atau hasil karya anggota Himastron ITB.
    2. AstroChallange: tantangan yang diberikan untuk masyarakat umum yang berkaitan dengan keilmuan astronomi, dapat berupa quiz astronomi ataupun sayembara berhadiah.
    3. Analema Edisi 2021: majalah Himastron yang pertama kali terbit pada tahun 2020 dan membahas tentang berbagai topik astronomi populer yang ditujukan untuk dikomunikasikan kepada masyarakat serta beberapa dokumentasi kegiatan Himastron pada waktu tersebut.
  3. Pengabdian Masyarakat
    1. Himastron Mengabdi: Sebuah rangkaian kegiatan dalam rangka memasyarakatkan ilmu astronomi di suatu daerah baik di kota maupun di desa.
    2. Teleskop Keliling dan Webinar: Kegiatan pengamatan yang dilakukan bersama masyarakat pada saat peringatan InOMN (International Observe Moon Night).
    3. Astrodukasi: kegiatan berbagi ilmu pengetahuan mengenai astronomi kepada masyarakat khususnya remaja (rentang SMP sampai SMA).
Internal
  • Wisuda Himastron: Wisuda merupakan acara yang dilakukan untuk memberikan apresiasi terbesar bagi anggota Himastron ITB yang telah menyelesaikan masa studinya di ITB.
  1. Kesejahteraan Anggota
    1. Pendataan Kebutuhan Dasar: Melakukan pendataan berkala terkait kebutuhan dasar anggota dalam bidang akademik, non-akademik, dan hal lain yang diperlukan.
    2. Tutorial dan Tanya Jawab Untuk Indeks Anti-E (TATAKAE): Pengadaan tutorial diprioritaskan untuk mata kuliah wajib yang tidak tersedia tutor dari dosen dan mata kuliah TPB.
    3. Bank Academia: Memfasilitasi dan menyediakan pengarsipan referensi bahan kuliah untuk materi belajar serta soal-soal dari tahun sebelumnya untuk bahan latihan.
    4. Sama Sama Ngingetin Yok (SASAGEYO): Menghimpun, menyalurkan, dan mengingatkan informasi penting agar tidak terlewat oleh anggota.
    5. Dana Taktis & Donatis: Membantu dalam penjaminan kebutuhan finansial yang mendesak bagi anggota.
  2. Kekeluargaan
    1. Apresiasi: dilakukan dengan cara mengirimkan ucapan berupa poster kepada anggota Himastron ITB yang berulang tahun atau mempunyai prestasi/pencapaian tertentu baik di dalam maupun di luar himpunan.
    2. Kumpul Asik dan Bar-bar (Kuasar): Sarana untuk mengakrabkan anggota dan media untuk refreshing anggota Himastron ITB.
    3. Form Bulanan Kekel: Wadah aspirasi berkala untuk bidang kegiatan kekeluargaan bagi anggota Himastron ITB.
    4. Home Tournament: acara lomba olahraga terbesar di Himastron ITB.
Eksternal
  1. Intra Kampus
    1. Himastron Mengembara: Memperkenalkan Badan Pengurus Himastron ITB 2021, bersilaturahmi kepada HMJ, dan menggali nilai dan potensi kolaborasi.
    2. Cie Ulang Tahun!!: Apresiasi kepada HMJ ini dilakukan dengan cara pemberian kartu ucapan ulang tahun kepada HMJ yang berulang tahun.
  2. Ekstra Kampus
    1. Our Trip Our Adventure: Melakukan silaturahmi dengan pihak sasaran, menerima dan melakukan kunjungan pada pihak sasaran.
    2. Gamsahamnida Prodi: Melakukan silaturahmi dengan program studi Astronomi, memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada program studi Astronomi.
    3. Diary Alumni: Mengundang alumni Astronomi ITB untuk sharing pengalaman setelah lulus dari Astronomi ITB, baik dalam hal melanjutkan pendidikan maupun dalam dunia pekerjaan.
    4. Annyeong Bosscha: Memperkenalkan diri kepada Bosscha, melakukan wawancara dengan staff Bosscha, menggali potensi kolaborasi dengan Bosscha.

Sejarah Himpunan

Himastron ITB didirikan pada 19 Oktober 1965 di Observatorium Bosscha, Lembang. Berdirinya organisasi ini diinisiasi oleh beberapa mahasiswa astronomi yang jumlahnya masih sedikit kala itu, yakni tidak lebih dari 10 orang, dan dibantu oleh dosen astronomi saat itu yang bernama Prof. Dr. The Pik Sin. Saat awal terbentuknya, Himastron bernama HIMASTRO, yang kemudian diganti menjadi Himastron, agar terdengar lebih ilmiah, seperti halnya elektron, proton, dan neutron.
Himastron merupakan organisasi yang bersifat keahlian. Dalam tahun ke tahun, Himastron ITB telah aktif melakukan kegiatan – kegiatan keilmuan dengan berbagi ilmu astronomi kepada masyarakat. Beberapa diantaranya biasanya dilakukan saat memperingati fenomena – fenomena astronomi tertentu, seperti gerhana matahari dan World Space Week.

Profil / Asas Himpunan

Tujuan Himastron ITB menurut AD/ART Himastron ITB :
1. Memperjuangkan kepentingan anggota dalam bidang studi dan kesejahteraan.
2. Memupuk dan membina kekeluargaan antaranggota.
3. Membentuk anggota yang kreatif, inovatif, berwawasan luas, dan berbudi pekerti luhur.
4. Memperjuangkan nilai-nilai kebenaran berdasarkan kemanusiaan.
5. Mengembangkan dan memasyarakatkan ilmu astronomi.

Budaya Himpunan

1. Himastron memiliki acara rutin 2 tahunan bernama Astara Ganesha untuk memperingati World Space Week, yang tujuan utamanya adalah untuk memasyarakatkan ilmu astronomi.
2. Saat arak – arakan, Himastron biasanya menyanyikan yel-yel rasi bintang
3. Biasanya setiap tahunnya Himastron ITB mempunyai proker open teleskop, dimana masyarakat dapat mencoba mengamati benda langit menggunakan teleskop

Our Lesson Learned

Hal yang dapat dipelajari dari kepengurusan Himastron ITB sebelumnya antara lain upaya perbaikan struktur organisasi, alur knowledge management, alur timeline, dan konsep pewadahan aktualisasinya yang senantiasa dilakukan untuk mencapai kondisi sistem di Himastron yang lebih baik lagi. Pengetahuan mengenai hal hal yang sudah dibangun di kepengurusan sebelumnya juga harus diketahui dengan baik sebagai modal untuk melangkah lebih jauh lagi, contohnya seperti penggencaran penggunaan berbagai platform media sosial yang dimiliki Himastron ITB sebagai wadah aktualisasi diri.

More About Us

1. Himastron ITB merupakan himpunan mahasiswa astronomi satu satunya di Indonesia
2. Setiap anggota Himastron ITB memiliki nama lapangan yang mengambil dari nama – nama benda langit seperti bintang, rasi bintang, planet, dan lain – lain.

Kontak Intrakampus

Alfania Elian Diva
Astronomi ’17
082130320146 / divalienn (Line)
Email : himastron_itb@km.itb.ac.id
OA Line : @himastronitb

Alamat

Gedung Mektan Lantai 1 (sebelah utara)
Jl. Ganesha No.10, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Social Media

Kunjungi media sosial resmi himpunan kami di sini!

Berikan penilaian terhadap kesesuaian informasi dan kemudahan akses halaman ini!