HME ITB

Himpunan Mahasiswa Elektroteknik ITB

HME ITB adalah Himpunan Mahasiswa Elektroteknik ITB, yaitu himpunan yang membawahi tiga jurusan: Teknik Elektro, Teknik Tenaga Listrik dan Teknik Biomedis

Kabar Terkini

Coming Soon!

Halo! Kamu baru saja mengunjungi halaman berita dari lembaga terkait! Tunggu update dari kami selanjutnya ya!

Hari Jadi

5 Desember 1949

Visi

“HME ITB sebagai Rumah Berkreasi untuk mewujudkan Masyarakat yang Bestari

Misi

  1. Menciptakan kondisi internal yang kondusif dan selaras demi mengakomodasi kebutuhan anggota
  2. Meningkatkan wawasan keilmuan dan keprofesian guna memantik semangat berkreasi
  3. Mewadahi dan mengeskalasi kreasi anggota HME ITB
  4. Merangkai kaderisasi untuk mengembangkan anggota HME ITB yang mampu menjawab tantangan masa kini dan masa depan
  5. Menjalin hubungan dengan pihak eksternal HME ITB guna membuka ruang baru untuk berkreasi
Program Kerja Himpunan

IMPULSE ITB 2021

Kegiatan ini dibentuk pada 2017. Kegiatan ini merupakan rangkaian kompetisi, seminar, juga workshop. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kreativitas, inovasi, dan sikap kritis generasi muda terhadap kondisi di sekitarnya.

Divisi

ELEKTRON HME ITB

Divisi Elektron merupakan salah satu divisi dalam HME ITB yang bergerak dalam bidang jurnalistik. Elektron HME ITB mempublikasikan informasi-informasiseputar dunia sains dan teknologi dengan pendekatan yang unik dan menarik. Instagram : @elektronhme

Sejarah Himpunan

HME ITB sekarang adalah organisasi kemahasiswaan yang menghimpun mahasiswa  S1 jurusan teknik elektro ITB, teknik tenaga listrik ITB, dan teknik biomedis ITB. HME ITB didirikan pada tanggal 5 Desember 1949. Setelah ini akan dijelaskan cuplikan sejarah dari HME ITB.

Awal Terbentuk

HME ITB didirikan pada tanggal 5 Desember 1949. Sebelumnya, mahasiswa teknik elektro berafiliasi pada Himpunan Mahasiswa Bangunan Mesin dan Listrik (HMBL). Pada saat itu juga Fakultas Teknik masih merupakan bagian dari Universitas Indonesia di Jakarta. Pada tanggal 2 MAret 1959, didirikan Fakultas Teknik Universitas Indonesia-Bandung menggunakan nama Institut Teknologi Bandung. 

Workshop Elektronika

HME lTB lahir diawali dengan hobi dan keinginan mahasiswa elektro pada zaman itu yang ingin menyalurkan hobi dan berkarya pada bidang elektronika praktis. Pada awal terbentuknya, HME ITB merupakan sebuah workshop elektronika yang mengerjakan berbagai hal terkait elektronika praktis, diantaranya penerimaan berbagai proyek dan pinjaman barang elektronik. Sekarang wadah ini bertransformasi menjadi divisi workshop HME ITB. Keberadaan HME pada zamannya diharapkan mampu menjadi wadah penyalur bakat dan kreativitas anggotanya. 

Sekretariat

HME sekarang bertempat di basement Labtek VIII. Sebelumnya HME menempati Student Center Barat, dan Labtek III. Pemindahan ini dikarenakan ruangan sebelumnya dirasa sempit dan tidak kondusif sehingga sekretariat HME-pun dipindahkan. Pemberian ruangan yang besar juga disebabkan karena dahulu HME diamanahi menjadi tempat server jaringan ITB wilayah timur (NS33), yang mana tugas ini berhubungan dengan terbentuknya Divisi Komputer pada saat itu. 

Pameran dan Majalah

Tahun 1982 pada zaman kepemimpinan Susilo, HME membuat sebuah pameran elektronika serta turut mengundang perusahaan-perusahaan untuk memberikan pameran elektronika. 

Pada periode 80-90an, HME sangat fokus berkarya dengan dimotori oleh lembaga dalam HME ITB. Elektron pada saat itu mampu membuat majalah yang sangat digemari masyarakat. Bahkan dikatakan dahulu Elektron sampai memiliki meja resepsionis di sekretariat HME karena banyaknya peminat. Pada zaman tersebut, elektron dapat maju dan berkembang pesat karena informasi mengenai elektroteknik tidak dapat dicari dengan mudah seperti saat ini. 

Palapa

Palapa HME terbentuk sejak 2008. Palapa dibentuk dengan mimpi semoga anak HME mampu berpikir lebih, bermasyarakat serta berkarya untuk kehidupan masyarakat dan Indonesia yang lebih baik. 

Proyek pertama Palapa adalah membangun PLTA pikohidro di Kampung Ciluntung, Desa Jayamukti, Kecamatan Ciurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Daya yang dihasilkan sebesar 5kW. 

Selain itu, Palapa HME juga membangun pemabgkit listrik tenaga surya (proyek palapa II) di Desa Mekarwangi, Kabupaten Garut. Proyek ini berhasil menyabet penghargaan pada ajang IEEE 2010 Presidents : Change the World.

Kegiatan Palapa ini terus dilanjutkan dengan pembangunan pembangkit listrik dan pemberdayaan masyarakat di bidang sosial. Usaha Palapa HME mendapatkan banyak apresiasi, diantaranya Ganesha Prize, dan diundangnya palapa dalam Bali Clean Energy Forum 2016. 

EE Days

Electrical Engineering Days merupakan pameran tugas akhir teknik elektro, kompetisi, serta seminar yang diselenggarakan sejak tahun 2016. EE Days membawa misi untuk mengedukasi masyarakat tentang elektroteknik, serta menjadi wadah bagi anak HME untuk berkarya. 

Impulse ITB

Kegiatan ini dibentuk pada 2017. Kegiatan ini merupakan rangkaian kompetisi, seminar, juga workshop. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kreativitas, inovasi, dan sikap kritis generasi muda terhadap kondisi di sekitarnya.  

Profil / Asas Himpunan

CHAMP
CHAMP berarti Juara! Sebuah panggilan untuk massa HME ITB dan digunakan di mars HME. CHAMP seharusnya juga ciri yang dimiliki setiap anggota HME. BP Bestari mempunyai pengertian CHAMP adalah Creative, Honest, Appreciation, Morale, Paragon.
Creative → bisa bikin sesuatu yang out of the box
Honest → Pokonya harus jujur dan tulus
Appreciation → Mampu melakukan apresiasi sambil memberi kritik yang membangun
Morale → Anti gampang menyerah club!
Paragon → Saling menjadi role model satu sama lain!

Budaya Himpunan

Champ Elektroteknik Moment
CEM adalah pemaparan singkat tentang isu elektroteknik terkini yang dilakukan secara singkat sebelum acara internal HME dimulai. CEM bertujuan untuk meningkatkan wawasan keilmuan yang dimiliki oleh anggota HME sehingga tetap up-to-date terhadap isu-isu terkini.

Our Lesson Learned

Menggunakan sistem OKR dalam kepengurusan

More About Us

Kontak Intrakampus

Rafif Rahman Darmawan
Teknik Elektro ’17
085966593933 (WA) / rafifdrn (line)

Alamat

Basement Labtek 8
Jl. Ganesha No.10, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Social Media

Kunjungi media sosial resmi himpunan kami di sini!

Berikan penilaian terhadap kesesuaian informasi dan kemudahan akses halaman ini!