HMK ‘AMISCA’ ITB

Himpunan Mahasiswa Kimia

AMISCA merupakan singkatan dari Amicorum Scientiae Chemicae Associatio yang berarti perkumpulan pecinta ilmu kimia.

Kabar Terkini

Hari Jadi

10 Februari 1956

Visi

“HMK ‘AMISCA’ ITB sebagai rumah eksplorasi dengan menjunjung tinggi budaya apresiasi dan kolaborasi untuk membentuk pelopor pergerakan kimia yang bermanfaat”

Misi

  1. Mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan dasar anggota
  2. Membentuk suasana berhimpun yang nyaman dengan menjunjung tinggi apresiasi
  3. Merangkai kaderisasi aktif maupun pasif untuk membentuk pelopor pergerakan kimia
  4. Optimalisasi infrastruktur pergerakan kimia yang bermanfaat
  5. Membangun relasi dengan pihak luar HMK ‘AMISCA’ ITB sehingga terbangun kolaborasi
Program Kerja Himpunan

OKTAN ITB

Festival kimia terbesar se-Indonesia yang didalamnya terdapat Kompetisi kimia untuk siswa SMA (Crystal), Lomba Karya Tulis Ilmiah (Isoterm) Seminar Nasional, Workshop, Pameran Karya (Atomic), dan rangkaian acara lainnya. OKTAN mulai diinisiasi dari 2002 dan diselenggarakan berturut-turut dari 2014. Peserta mengikuti kompetisi kimia sekitar 8500 peserta dan telah menjangkau rayon di 22 daerah se-Indonesia. Untuk OKTAN ITB 2021 fokus ke sarana eksplorasi mengenai ilmu kimia untuk masyarakat luas mulai dari hal-hal disekitar kita hingga akhirnya bisa berinovasi dan berkarya. Tema yang diusung adalah Health Chemistry. Selengkapnya dapat diakses melalui link linktr.ee/oktanitb..

Sejarah Himpunan

Atas saran Van Erjick, seorang guru besar pada tahun 1956, diadakan pertemuan di Jalan Sawunggaling, Bandung. Pada pertemuan tersebut, salah seorang mahasiswa, Ismono, mengusulkan dibentuknya suatu himpunan yang anggotanya merupakan pecinta ilmu kimia. Ismono saat itu langsung ditunjuk sebagai ketua pertamanya. Pada pertemuan selanjutnya pada tanggal 10 Februari 1956 di Jalan Kartini No. 8 Bandung, Ismono dengan didukung rekan-rekannya membuat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), sekaligus memberi nama himpunan tersebut, yaitu AMISCA.

Profil / Asas Himpunan

Budaya Himpunan

Push-up sambil menghitung unsur, dengan urutan hidrogen, helium, lithium, dan seterusnya mengikuti urutan unsur dalam tabel periodik. Biasanya dilakukan saat arak-arakan untuk mengapresiasi wisudawan

Our Lesson Learned

More About Us

Keunikan HMK ‘AMISCA’ ITB
a. Push Up Unsur
Push-up sambil menghitung unsur, dengan urutan hidrogen, helium, lithium, dan seterusnya mengikuti urutan unsur dalam tabel periodik. Biasanya dilakukan saat arak-arakan untuk mengapresiasi wisudawan.
b. Keluarga Unsur
Keluarga unsur merupakan kumpulan anggota HMK ‘AMISCA’ ITB dari masing-masing angkatan yang memiliki unsur sama . Nama unsur untuk setiap anggota ditentukan berdasarkan 3 digit angka terakhir NIM.
c. Hitung Unsur
Berhitung dalam barisan menggunakan urutan unsur dimulai dari Hidrogen, Helium, Lithium, dan seterusnya menurut tabel periodik unsur.

Kontak Intrakampus

Ayunda Pangestu
Kimia’17
085524446045

Alamat

Jalan H, Belakang Gedung Kimia Baru
Jl. Ganesha No.10, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Social Media

Kunjungi media sosial resmi himpunan kami di sini!

Berikan penilaian terhadap kesesuaian informasi dan kemudahan akses halaman ini!