HMO ‘TRITON’ ITB

Himpunan Mahasiswa Oseanografi

Himpunan Mahasiswa Oseanografi “TRITON” ITB merupakan wadah kegiatan untuk menggali potensi, mempelajari ilmu, dan mengembangkan keahlian di bidang oseanografi bagi mahasiswa Program Studi Strata Satu Oseanografi Insitut Teknologi Bandung.

Kabar Terkini

Coming Soon!

Halo! Kamu baru saja mengunjungi halaman berita dari lembaga terkait! Tunggu update dari kami selanjutnya ya!

Hari Jadi

19 September 2008

Visi

“Mewujudkan HMO “TRITON” ITB yang sadar akan keilmuan oseanografi untuk turut berkontribusi bersama di bidang kelautan Indonesia”

Misi

  1. Memantik antusiasme anggota HMO “TRITON” ITB terhadap keilmuan oseanografi.
  2. Menjalin hubungan baik antar sesama anggota dan pihak luar yang berhubungan dengan HMO “TRITON” ITB.
  3. Memenuhi kebutuhan anggota HMO “TRITON” ITB terkait dengan penunjangan akademik dan pengembangan sumber daya.
  4. Membuat karya dalam bidang oseanografi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.
Program Kerja Himpunan

Dinamika Pantai (Pencerdasan TRITON Akan Isu)

Proker ini merupakan bentuk pensuasanaan keilmuan di himpunan. Pensuasanaan ini dilakukan salah satunya dengan bentuk pembudayaan diskusi membahas topik atau isu kelautan. Program kerja terbagi menjadi dua jenis kegiatan yaitu Obrolan Berdampak (OMBAK) dan Publikasi Isu TRITON (PASUT). Dengan obrolan berdampak, anggota biasa akan semakin terbiasa dengan bahasan mengenai kelautan secara ilmiah namun tetap santai. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan luaran berupa hasil diskusi yang dapat dipublikasikan. Publikasi isu dilaksanakan setiap bulan. Hal ini selain dapat membiasakan ‘ngobrolin ose’ secara santai, akan membuat anggota biasa juga selalu update dengan isu-isu di ranah keilmuan sendiri.

TRITON Kekar (Kelompok Karya)

Program kerja ini dapat menjadi sarana bagi anggota biasa HMO “TRITON” ITB untuk menghasilkan karya sederhana melalui pencerdasan keilmuan Oseanografi. Karya nyata yang dicanangkan berupa bentuk digital maupun cetak, atau dapat berkembang lebih lagi seiring pelaksanaannya. Bentuk kegiatan proker ini ada dua, yakni membuat infografis dalam media poster ataupun video mengenai keilmuan Oseanografi dengan konten dari hasil kajian yang diadakan Bidang Keilmuan dan membuat ‘kuliah tweet’ yaitu pencerdasan atau edukasi mengenai Oseanografi melalui media sosial Twitter dengan menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

Acara Besar : POSEIDON 2020

POSEIDON 2020 merupakan bentuk komitmen untuk mendukung, memantik kepedulian terhadap laut Indonesia, sekaligus mengenalkan peran keilmuan Oseanografi dalam mendukung SDG’s poin 14. Tema yang dibawa adalah “Kolaborasi Menuju Laut Berkelanjutan” .Untuk mewujudkan kolaborasi tersebut POSEIDON 2020 memberikan wadah bagi masyarakat baik yang belum maupun sudah memiliki kepedulian terhadap laut melalui tiga wadah yaitu gagasan/ide kreatif, aksi dan edukasi, serta tukar pikiran. Terdapat tiga bentuk kegiatan POSEIDON 2020 yakni Ocean Movement, Ocean Talks, dan Ocean Project.

Sejarah Himpunan

Himpunan Mahasiswa Geofisika dan Meteorologi ITB (HMGM-ITB) merupakan himpunan yang dibentuk oleh mahasiswa dari departemen geofisika dan meteorologi yang berada dibawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Departemen Geofisika dan Meteorologi membawahi 3 program studi, yaitu oseanografi, meteorologi, dan geofisika. HMGM-ITB terbentuk pada tahun 1963 walaupun pendidikan oseanografi ITB dimulai pada tahun 1969.

Profil / Asas Himpunan

Kemahasiswaan, artinya HMO “TRITON” ITB sebagai wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendikiaan serta integritas kepribadian untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi. (Kepmendikbud RI. No. 155/U/1998 Tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi).
Keprofesian, artinya HMO “TRITON” ITB sebagai sarana peningkatan pengetahuan keilmuan oseanografi dan hal-hal yang bersangkutan dengan bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian oseanografi.
Kebenaran, yang dimaksudkan dilandaskan pada Teori Kebenaran Pragmatis (Charles S. Peirce, 1878). Yang berarti sistem yang dipergunakan dalam tiap kehidupan organisasi tidak mengingkari norma/asas kehidupan manusia, sehingga tiap kegiatannya selalu mendatangkan manfaat bagi manusia.
Kebebasan mimbar yang dewasa, tiap pendapat dan buah pemikiran yang muncul tidak boleh ditampikan selama tidak berlawanan dengan asas kebenaran.

Budaya Himpunan

Budaya HMO yang bersifat seremoni waktu wisudaan :
1. Galia : menyanyikan mars HMO sambil moshing menggunakan kaki dengan formasi wisudawan laki-laki membentuk lingkaran di dalam serta massa HMO berada di luar lingkaran
2. Salam swasta : prosesi salam dari massa HMO kepada wisudawan yang berisi doa dan harapan kepada wisudawan setelah lulus
3. Lorong massa : Massa HMO membuat lorong massa kemudian wisudawan melewatinya sambil dinyanyikan mars HMO
Budaya unik lainnya :
1. Botak sehabis DIKSAR khusus laki-laki
2. Etika DIKSAR seperti panggilan jenderal/il dari peserta DIKSAR untuk angkatan panitia DIKSAR dan superjenderal/il untuk mahasiswa tingkat akhir.
3. Kasur Rusak

Our Lesson Learned

Dengan adanya pandemi, DIKSAR (osjur) berubah signifikan terutama dari metodenya. Pembuatan kelompok kelompok mentoring yang lebih kecil sangat efektif untuk memaksimalkan personal approach.

More About Us

1. Sebagian anggota biasa HMO memiliki kemampuan multitasking laprak x forum
2. Ada kegiatan berenang di proker olahraga bareng
3. Waktu DIKSAR ada latihan fisik lari dan berenang

Kontak Intrakampus

Nada Kamilia Salsabila
Oseanografi’17
089506204015 / nadakamiliaaas (Line)
Email : triton_itb@km.itb.ac.id
OA Line : @bxh4575i

Alamat

Labtek XI
Jl. Ganesha No.10, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Social Media

Kunjungi media sosial resmi himpunan kami di sini!

Berikan penilaian terhadap kesesuaian informasi dan kemudahan akses halaman ini!