HMPG ITB

Himpunan Mahasiswa Teknik Pangan ITB

Kabar Terkini

Hari Jadi

12 Mei 2017

Visi

“Mewujudkan Gairah Eksplorasi dan Berani dalam Beraksi Menuju HMPG ITB yang Representatif”

Misi

Disebut juga Lima Arah Mata Angin yaitu:
1. Eksplorasi Potensi Diri dan Lembaga Mewujudkan anggota biasa HMPG ITB yang paham dengan potensi diri dan
lembaganya
2. Eksplorasi Wawasan Keilmuan
Meningkatkan fokus keilmuan dan
keprofesian teknik pangan sebagai
landasan pergerakan HMPG ITB
3. Aksi Karya dan Inovasi
Mewujudkan semangat berkarya dan berinovasi anggota biasa HMPG ITB melalui wadah-wadah pengembangan diri anggota
dan sosial masyarakat
4. Aksi Ekspansi Informasi
Meningkatkan aplikasi teknologi dan intensitas publikasi dalam menyebarkan informasi terkait keilmuan teknik pangan kepada masyarakat
5. Aksi Relasi Strategis Memperkuat dan memperluas hubungan antara HMPG ITB dengan pihak eksternal yang strategis dan berdampak

Program Kerja Himpunan

Sejarah Himpunan

Suatu organisasi pasti memiliki sebuah sejarah yang berisikan rangkaian cerita suka maupun duka dalam menjalani proses pembentukan organisasi tertentu. Dengan adanya sejarah kita akan tahu tujuan awal dan tujuan akhir dalam membentuk organisasi. Sejarah pembentukan HMPG diawali pada saat angkatan 2015 sedang menjalani masa akhir TPB (Tahap Persiapan Bersama).dilakukan pertemuan intensif dengan HIMATEK (Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia) yang membicarakan perihal apakah himpunan akan disatukan atau dipisah. Hasil dari pertemuan intensif tersebut akhirnya diputuskan bahwa himpunan akan dipisah dengan alasan jarak kampus Jatinangor dan Ganesha sangat tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan himpunan secara bersamaan. Namun, HIMATEK memberikan fasilitas osjur (ospek jurusan) untuk mahasiswa Teknik Pangan 2015 dan Teknik Bioenergi dan Kemurgi 2015 selama lima hari dan memberikan pembinaan untuk membentuk suatu himpunan. Ketika memasuki perkuliahan di semester 3 (tiga), Teknik Pangan 2015 (Afaea Pramana) memilih koordinator angkatan yaitu Abdu Ravi Zakaria yang bertugas untuk mengawasi dan memberi arahan agar keberlangsungan kegiatan pada masa itu dapat terkoordinasi. Selain itu, angkatan 2015 melakukan serangkaian kegiatan yaitu berinteraksi dengan himpunan jurusan lain untuk menambah relasi serta berbagi pengalaman perihal tantangan yang harus dihadapi selama berkegiatan di himpunan. Kegiatan lainnya adalah angkatan 2015 membuat suatu acara malam keakraban yang bertujuan untuk mengakrabkan teman-teman seangkatan serta membangun kekompakan. Di acara malam keakraban tersebut angkatan 2015 melakukan forum mengenai pembentukan badan formatur. Massa 2015 melakukan musyawarah dan memutuskan untuk memilih Hafizh Rizqullah sebagai ketua formatur. Pada saat semester 4 (empat), dilakukan kembali forum pembentukan badan formatur dan diputuskan badan formatur ini terdiri atas enam bidang yaitu; bendahara, sekretaris, AD ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga), keprofesian, internal, dan MedKomInfo (Media, Komunikasi, dan Informasi). Berikut ketua divisi formatur dari masing-masing bidang:

Ketua : Hafizh Rizqullah
Bendahara : Lindawaty
Sekretaris : Zisma Chendikia
AD ART : Handiani Dandrajati
Keprofesian : Eveline Angelica
Internal : Natasha Emanuella
MedKomInfo : Abigail Marcia

Untuk membentuk suatu himpunan diperlukan AD ART sebagai suatu aturan yang mendasari suatu organisasi. Dalam pembentukan AD ART yang diketuai oleh Handiani Dandrajati, tim AD ART melakukan kajian kepada massa Afaea pramana mengenai aturan apa saja yang harus dimasukkan ke dalam AD ART. Selain itu, tim AD ART juga melakukan kunjungan kepada HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) lain untuk bertanya-tanya mengenai isi dari AD ART serta mendapatkan bimbingan dari kabinet KM ITB dalam menyusun AD ART. Setelah dilakukan serangkaian kajian, akhirnya pada akhir semester 4 (empat) disahkanlah AD ART pertama pada tanggal 12 Mei 2017. Dengan disahkannya AD ART, maka pada tanggal 12 Mei 2017 HMPG sah terbentuk.

Profil / Asas Himpunan

1. Solidaritas
2. Apresiasi
3. Daya juang tinggi

Budaya Himpunan

1. Bagi-bagi makanan ke massa umum saat arak-arakan wisuda
2. Face painting bendera merah putih saat Wisday dan membawa bendera merah putih
3. Menyanyikan mars HMPG ITB saat arak-arakan dan juga mengumandangkan salam merah putih.
4. Pemukulan pinata saat wisnight untuk mengaplikasikan nilai solidaritas dan daya juang tinggi.
5. Maskot Kawul (badut luwak) yang dibawa saat acara-acara besar
6. Menyanyikan mars HMPG ITB dan salam merah putih dalam agenda internal
7. Mengadakan hari jahim (Jamur Day), dimana pada hari itu massa dihimbau untuk memakai jahim ke kampus

Our Lesson Learned

1. Kunjungan himpunan yang interaktif dan bertema sehingga dapat menambah insight dan/atau awareness akan topik tertentu serta meningkatkan minat, antusias, dan partisipasi massa.
2. Wadah untuk meningkatkan kontribusi alumni dalam memberikan kebermanfaatan diperbanyak. (contoh: Talkshow Keeping up with Alumnus, Karapang)
3. Kolak Ubi (program charity) untuk bencana/sesuatu yang bersifat darurat dibuka untuk massa umum dan dibuat konten-konten yang bertujuan untuk raising awareness massa HMPG maupun massa umum.
4. Publikasi satu pintu dalam Grup LINE HMPG ITB sehingga intensitas penyampaian informasi tidak overload dan menumpuk dalam satu waktu serta menurunkan resiko informasi tidak terbaca dengan baik oleh massa HMPG ITB.
5. Pendataan agenda HMPG ITB dalam excel dan Google Calendar yang terintegrasi dengan email seluruh massa HMPG ITB sehingga menurunkan resiko ketidaktahuan massa terkait suatu agenda dan harapannya meningkatkan partisipasi massa dan kapabilitas massa dalam time management.
6. Pengarsipan data dan dokumen relevan dalam 1 platform yang memudahkan transfer knowledge untuk seluruh massa HMPG ITB.
7. Pembukuan kas online dalam 1 platform yang dapat diperbaharui secara up to date sehingga transparansi dapat berjalan lebih lancar dan dicek kapan saja.
Misal evaluasi dari kepengurusan sebelumnya, inovasi yang berhasil, atau apapun.

More About Us

● Meningkatkan Awareness mengenai pangan nasional
● Mengadakan lomba yang terbuka untuk umum dan anak SMA
● Webinar mengenai isu-isu pangan, permasalahan pangan dan inovasi pangan nasional maupun dunia

Kontak Intrakampus

Tri Sefa Ramadhani
Teknik Pangan ’17
LINE : trisefa
OA Line : @hmpgitb

Alamat

Labtek IIA Institut Teknologi Bandung,
Kampus Jatinangor

Jl. Let. Jend. Purn. Dr. (HC) Mashudi No.1,
Jatinangor, Sumedang

Social Media

Kunjungi media sosial resmi himpunan kami di sini!

Berikan penilaian terhadap kesesuaian informasi dan kemudahan akses halaman ini!