IMK ‘Artha’ ITB

Ikatan Mahasiswa Kewirausahaan

IMK Artha adalah himpunan mahasiswa jurusan kewirausahaan SBM ITB. Himpunan ini memiliki tujuan sebagai sarana bagi massanya untuk mengeksplorasi diri. Maka dari itu, proker-proker dan pesan dari IMK ARTHA mengedepankan pandangan bisnis agar memudahkan massanya meraih informasi, dan lain sebagainya.

Kabar Terkini

Coming Soon!

Halo! Kamu baru saja mengunjungi halaman berita dari lembaga terkait! Tunggu update dari kami selanjutnya ya!

Hari Jadi

15 Oktober 2015

Visi

“Menjadikan himpunan Ikatan Mahasiswa Kewirausahaan Artha sebagai wadah untuk mengeksplorasi diri dan mengembangkan potensi masanya”

Misi

  1. Menjadikan himpunan IMK Artha sebagai sarana untuk memberikan akses pengetahuan, jaringan, dan pengalaman kepada masanya.
  2. Menjadikan himpunan IMK Artha untuk dapat memberikan dampak kepada masyarakat.
  3. Menyediakan program kerja yang bersesuaian dengan minat & bakat masa IMK Artha.
Program Kerja Himpunan

Sejarah Himpunan

Asal Terbentuk
IMK “Artha” ITB disahkan pada 15 Oktober 2015. IMK “Artha” ITB lahir dari KMSBM yang kemudian berubah nama menjadi KMM ITB. Sebagaimana tercantum pada Anggaran Dasar Keluarga Mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (KMSBM) Amandemen 2010, BAB III Pasal 7 mengenai Tujuan Organisasi, KMSBM yang didirikan pada tanggal 20 Juni 2006 memiliki tujuan untuk memfasilitasi dan menjadi wadah aspirasi bagi seluruh mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB dalam menyatukan minat, bakat, dan kreativitas yang berbasis keprofesian. Seiring waktu berjalan, pada tahun 2013 Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB memiliki satu program studi baru, Kewirausahaan yang menggenapkan jumlah program studi menjadi dua. Atas kondisi tersebut, sebuah masalah muncul karena KMSBM bukan lagi semata-mata hanya milik Mahasiswa Program Studi Manajemen. Maka sebagai jawaban atas masalah tersebut, KMSBM mengalami perubahan bentuk untuk mengakomodasi kebutuhan mahasiswa Program Studi Manajemen serta melahirkan himpunan baru untuk mengakomodasi kebutuhan Mahasiswa Program studi Kewirausahaan.
Sejarah Terbentuk
Pada Jumat, 11 September 2015 pukul 22.13 WIB, terbentuk dokumen Konsepsi Perubahan Bentuk Organisasi Keluarga Mahasiswa SBM yang disusun oleh Ketua KMSBM 2015/2016 Afwan Rifqiya Basri. Kesimpulan dari dokumen tersebut adalah:
a. Perubahan bentuk KMSBM penting untuk menciptakan sistem organisasi yang ideal.
b. Keluarga Mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (KMSBM) melahirkan himpunan baru bernama Ikatan Mahasiswa Kewirausahan (IMK) “Artha”.
c. Keluarga Mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (KMSBM) mengalami perubahan bentuk menjadi Keluarga Mahasiswa Manajemen (KMM).
Nama KMSBM akan muncul untuk mengakomodasi kebutuhan bersama dengan komposisi kepanitiaan gabungan yang bersifat temporer. Segala bentuk perubahan yang tercantum dalam Konsepsi Perubahan Bentuk Organisasi disesuaikan dengan AD/ART Amandemen 2015.
Alur dan Metode
Alur:
a. Pendefinisian ulang mengenai tujuan didirikannya KMSBM sesuai Anggaran
Dasar KMSBM Amandemen 2010.
Perumusan urgensi perubahan bentuk himpunan.
Perumusan sistem himpunan yang tepat untuk bentuk himpunan baru.
Kesiapan KMSBM untuk perubahan bentuk himpunan.
Pemilihan Metode:
Brainstorming, adalah metode yang dilakukan dengan berdiskusi bersama elemen-elemen di KMSBM yang meliputi Dewan Perwakilan Anggota (DPA) sebagai representasi anggota, Badan Pengurus KMSBM 2015/2016, dan Tim Formatur Program Studi Kewirausahaan. Adapun diskusi dilakukan bersama elemen-elemen di luar KMSBM yang meliputi Kepala Program Studi Manajemen, Kepala Program Studi Kewirausahaan, Deputi Program Studi Manajemen, KM-ITB melalui Kementerian Koordinator PSDM, PSIK, dan beberapa HMJ yang sebelumnya pernah memiliki permasalahan serupa.
Sosialisasi, adalah metode yang dilakukan untuk memaparkan tujuan dari perubahan bentuk himpunan. Sosialisasi dilakukan pada dua lingkup penyebaran, yaitu:
– Small Scope: Meliputi sosialisasi kepada Program Studi Manajemen dan Kewirausahaan serta Lembaga Pengelola Himpunan yang dilaksanakan seiring dengan persiapan perubahan bentuk himpunan.
– Large Scope: Meliputi sosialisasi kepada seluruh anggota KMSBM yang dilaksanakan pada rangkaian Sidang Penetapan KMSBM.
Proses Terbentuk
Pendefinisian ulang mengenai tujuan didirikannya KMSBM sesuai Anggaran Dasar KMSBM Amandemen 2010 Sebagaimana tercantum pada Anggaran Dasar Keluarga Mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (KMSBM) Amandemen 2010, BAB III Pasal 7, Tujuan KMSBM adalah:
Mendukung cita-cita Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung dalam mendidik dan mengembangkan generasi baru pemimpin yang inovatif dan berjiwa kewirausahaan.
Menanamkan rasa kepedulian, memupuk rasa persaudaraan serta kekeluargaan terhadap masyarakat dan civitas akademika.
Memfasilitasi dan menjadi wadah aspirasi bagi mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen untuk menyatukan minat, bakat, dan kreativitas yang berbasis keprofesian.

Perumusan urgensi perubahan bentuk himpunan
A. Mengacu pada Anggaran Dasar Keluarga Mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (KMSBM) Amandemen 2010, BAB III Pasal 7 butir 3, KMSBM pada kondisi ideal memiliki tujuan untuk memfasilitasi dan menjadi wadah aspirasi bagi mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen. Tetapi pada kenyataannya, terjadi disintegrasi manajemen sumberdaya anggota antara mahasiswa Program Studi Manajemen dan mahasiswa Program Studi Kewirausahaan yang disebabkan oleh faktor geografis. Berdasarkan kondisi tersebut, KMSBM dirasa sudah tidak dapat mewadahi kebutuhan Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan.
Sebagaimana tercantum pada pembukaan Anggaran Dasar Keluarga Mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (KMSBM) Amandemen 2010, alinea keempat baris kedua yang berbunyi:
“Didorong dengan rasa tanggung jawab dan komitmen yang tinggi, mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung Berhimpun untuk mencapai cita-cita serta tujuan tersebut di dalam sebuah organisasi yaitu Keluarga Mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung, menurut anggaran dasar sebagai berikut.”
KMSBM merupakan milik seluruh mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen yang sebelum tahun 2013 merupakan mahasiswa Program Studi Manajemen. Akan tetapi, pada tahun 2013, Sekolah Bisnis dan Manajemen menambahkan satu program studi baru, yaitu Kewirausahaan. Hal tersebut menjadikan KMSBM sebagai himpunan yang bukan lagi hanya milik mahasiswa Program Studi Manajemen.
Peluang berintegrasi dan berkolaborasi antara mahasiswa Program Studi Manajemen dan mahasiswa Program Studi Kewirausahaan dalam satu kesatuan di dalam Sekolah Bisnis dan Manajemen.
c. Perumusan sistem himpunan yang tepat untuk bentuk himpunan baru
Sebagai langkah solutif dalam menjawab urgensi perubahan bentuk himpunan, KMSBM mengalami pengerucutan bentuk dari tingkat fakultas menjadi tingkat program studi. Nama himpunan menjadi Keluarga Mahasiswa Manajemen (KMM) dan diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Manajemen. Bagi mahasiswa Program Studi Kewirausahaan, sebuah himpunan baru dibentuk dengan nama Ikatan Mahasiswa Kewirausahaan (IMK) “Artha” untuk mengakomodasi kebutuhan mahasiswa Program Studi Kewirausahaan.
Nama KMSBM akan muncul dalam pelaksanaan Kaderisasi, wisuda dan Parade Wisuda, program kerja besar, serta pengelolaan kealumnian untuk mengakomodasi kebutuhan bersama. Anggota KMSBM merupakan gabungan dari mahasiswa Program Studi Manajemen dan Kewirausahaan serta bersifat temporer.

Profil / Asas Himpunan

1. Orisinalitas, Kreativitas, Inovasi 2. Integritas
3. Kepemimpinan
4. Profesional
5. Oportunis
6. Mengambil risiko terukur

Budaya Himpunan

  1. Knowledge: memberikan ​access to knowledge​ antara satu dengan yang lain.
  2. Networking: memberikan ​access to network​ untuk memperluas jaringan yang dimiliki.
  3. Experience: menunjang pengaplikasian atau pelatihan berorganisasi untuk bisa mendapatkan pengalaman.
  4. Collaboration: segala usaha termasuk ​networking yang didorong untuk mengadakan peluang kolaborasi yang bertujuan menciptakan sebuah karya inovasi.
  5. Skinship: rasa kekeluargaan di antara seluruh massa IMK “Artha” ITB.

Our Lesson Learned

Berdasarkan evaluasi periode sebelumnya, pelajaran yang dapat diambil adalah:

  1. Massa IMK “Artha” merasa belum ternaungi bisnis mereka oleh himpunan.
  2. Massa IMK tertarik dengan program kerja yang ditawarkan oleh IMK “Artha” jika sekiranya dirasa dampak positif bagi mereka terutama dalam menjalani bisnis masing-masing.
  3. Anggota BP IMK antusias untuk menjalankan program kerja masing-masing jika diberikan arahan dan deskripsi kerja yang spesifik.
  4. Banyak pihak eksternal yang tertarik untuk kolaborasi dengan IMK “Artha” ITB tapi belum dilaksanakan dengan baik.
  5. Sangat memungkinkan untuk mengadakan kolaborasi dengan mahasiswa bisnis dari universitas lain, dimana dampak yang diberikan dapat menjadi sangat masif yaitu dari penggabungan ​knowledge,​ ​skill, network, ​dan ​resource​, salah satunya melalui Forum Mahasiswa Bisnis yang sedang dalam proses pembentukan dan perlu kejelasan lebih lanjut.
  6. Banyak pihak eksternal yang tertarik dengan keilmuan yang dimiliki oleh mahasiswa kewirausahaan (khususnya dalam praktik) sehingga dapat digunakan sebagai daya jual yang menarik.

More About Us

Dewasa ini, dunia sudah memasuki era kolaborasi yang mendukung penuh kolaborasi dibandingkan kompetisi. Melihat potensi dan bakat yang dimiliki oleh seluruh mahasiswa ITB, alangkah hebatnya dampak yang bisa diciptakan ketika kolaborasi terbentuk dan kesepakatan terjalin di antara talenta-talenta ini. IMK “Artha” ITB menaungi mahasiswa kewirausahaan yang memiliki bisnis di berbagai macam industri. Mulai dari ​fashion, food and beverage, ​tourism,
agriculture, dan masih banyak lagi. Kami sangat terbuka kepada seluruh massa umum, terutama sesama mahasiswa ITB dari berbagai jurusan untuk mengadakan kolaborasi yang dapat memaksimalkan inovasi. Diharapkan di masa depan dapat terjalin kerja sama antar keilmuan sehingga manfaat dari usaha mahasiswa ITB dapat lebih dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, kami juga menawarkan untuk berbagi ilmu mengenai bisnis dan ​startup yang kami miliki kepada khalayak umum dalam program kerja yang akan mendatang.

Kontak Intrakampus

Rafi Firlana Aliansyah
Kewirausahaan ‘ 19
081291617088
Email : arthaimk@gmail.com

Alamat

Gedung SBM Ganesha & SBM Jatinangor
Jl. Ganesha No.10, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Social Media

Kunjungi media sosial resmi himpunan kami di sini!

Berikan penilaian terhadap kesesuaian informasi dan kemudahan akses halaman ini!