BANDUNG, km.itb.ac.id – Dalam rangka ikut andil mengobarkan semangat dalam revolusi pendidikan demi menuju masyarakat Indonesia yang lebih berdikari di bidang sains dan teknologi, Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika (HMFT) ITB mempersembahkan “ITB Insight 2017” dengan mengusung tema “Inventing Life Through Technology”. ITB Insight Festival sebagai puncak gerakan ini dilaksanakan pada Sabtu (11/11/2017) di Kampus ITB Ganesha.

Acara yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali ini diketuai oleh Dina Puspita Sari (FT 2014). Ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia dari semua generasi, ITB Insight ingin mengajak masyarakat untuk berani berkarya dan berinovasi.

Upaya untuk menyebarkan semangat berteknologi dilakukan melalui beberapa rangkaian acara. Rangkaian acara ITB Insight dimulai dari lomba untuk tingkat SD hingga Universitas yang bertajuk Insight Challenge pada tanggal 26 April 2017 hingga 26 Agustus 2017 lalu, berlanjut ke program pengabdian masyarakat ke Pangalengan yaitu Insight Movement pada tanggal 31 Juli 2017 hingga 6 Agustus 2017, kemudian kegiatan kunjungan sekolah yaitu Inspirates pada tanggal 2 Oktober 2017 hingga 10 November 2017, dan ditutup dengan Insight Festival.

Secara keseluruhan ITB Insight 2017 berjalan lancar terutama saat Insight Festival, pengunjung dengan latar belakang yang berbeda-beda terlihat antusias menghadiri ITB Insight. Pengunjung tak hanya dapat melihat inovasi teknologi melalui exhibition, tetapi juga pengunjung dapat mengikuti seminar bertema “How Engineering Physics Pioneers the Advanced Technology” yang dihadiri tokoh-tokoh penting di dunia saintek, juga pertunjukan teknologi yang dimeriahkan oleh Urban Jedi, Laserman Indonesia, dan Ukeba. Selain itu, penikmat teknologi pun dapat menikmati wahana di festival teknologi, hingga pertunjukan instalasi seni cahaya berupa video mapping, 3D hologram project, dan lighting show.

Setelah terlaksananya ITB Insight, semoga kekhawatiran akan banyaknya masyarakat Indonesia yang masih memiliki persepsi asing terhadap sains dan teknologi dapat sirna. ITB Insight diharapkan dapat meruntuhkan persepsi tersebut sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat bahwa sains dan teknologi ialah sesuatu yang menyenangkan.

 

Kementerian Koordinator Wahana dan Inovasi
Kementerian Media dan Informasi
Kementerian Koordinator Komunikasi dan Informasi
Kabinet Suarasa KM ITB 2017/2018

#Suarasa
#SuarkanAsaSuakanRasa