[KILAS BERITA – Dialog Bersama Pansus Hak Angket KPK]

Telah berlangsung dialog antara beberapa anggota DPR RI yang mengatasnamakan Pansus Hak Angket KPK dengan perwakilan Kabinet KM ITB dan IKM UI pada Jumat sore (07/07/2017). Dialog ini bertujuan untuk mendesak beberapa anggota DPR RI agar mau berdiskusi secara terbuka di pelataran  aspal gerbang depan Kompleks DPR RI bersama para demonstran yang terdiri dari massa Gerakan Anti Korupsi (GAK) dan Forum Guru Besar (FGB).

Tuntutan tersebut tidak diindahkan sebab massa yang masuk ke ruangan menolak untuk mengakui keberadaan Pansus Hak Angket KPK. Perwakilan yang hadir tegas menolak upaya pelemahan lembaga pemberantasan korupsi yang diinisiasi Anggota DPR RI di saat isu KTP-el mencuat. Selanjutnya, perwakilan Kabinet KM ITB dan IKM UI dipaksa keluar oleh keamanan setempat.

Tautan terkait:

https://m.detik.com/news/berita/d-3552129/diterima-di-dpr-audiensi-massa-aksi-dan-pansus-angket-kpk-memanas

http://m.viva.co.id/berita/politik/932934-pansus-angket-kpk-silat-lidah-dengan-mahasiswa-pendemo

http://m.suara.com/news/2017/07/07/183630/bem-tak-mau-teken-daftar-hadir-pansus-kpk-ogah-temui-pendemo

https://tirto.id/iluni-ui-amp-itb-berang-atas-pernyataan-masinton-soal-koruptor-cscg

http://cnnindonesia.com/politik/20170707185103-32-226418/dua-sikap-akademisi-respons-pansus-angket-kpk-di-dpr

Kemenkoan Sosial Politik

Kabinet SUARASA 2017/2018

 

[KILAS BERITA – SIMPOSIUM PEREKONOMIAN NASIONAL]

Setelah melangsungkan round table discussion dan mengumpulkan data-data yang diperlukan dari berbagai daerah, pada hari Rabu (12/07/17), lembaga pengkajian MPR RI mengadakan simposium nasional dengan tema “Sistem Perekonomian Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Sosial Sesuai Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945” sekaligus sebagai peringatan Hari Koperasi Nasional. Simposium ini merupakan wadah pemaparan dan pembahasan hasil pengkajian MPR RI.

Perjuangan bukanlah hal yang selesai ketika momen telah berlalu. Untuk mengawal dan menindaklanjuti tuntutan mengenai perekonomian pada aksi #antiserampangan (19/05/17), perwakilan KM ITB memenuhi undangan dari lembaga pengkajian MPR RI untuk menghadiri Simposium Nasional pada hari ini.

Acara dibuka dengan sabutan oleh wakil Presiden RI, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla dan ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Lembaga Pengkajian MPR RI yang dilanjutkan dengan pembahasan dengan narasumber kunci yakni Prof. Emil Salim, Prof. Dr. Sri Adiningsih, Prof. Dr. Sri Edi Swasono, Prof. Dr. Chairul Tanjung, Suroto, dan Tanri Abeng. Setelah itu akan dilakukan sesi tanya jawab dan pembacaan rekomendasi simposium.

Kemenkoan Sosial Politik

Kabinet Suarasa

KM ITB 2017/2018

 

[KILAS BERITA – AKSI KEBON JERUK]

Rabu, 19 Juli 2017 pukul 10.00 WIB

Komite Rakyat Kebon Jeruk bersama dengan beberapa perwakilan mahasiswa melakukan Aksi Usaha Pertama di depan PT KAI DAOP 2 (Jl. Stasiun Barat, Bandung) sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap warga Kebon Jeruk dalam menghadapi penggusuran yang dilakukan PT KAI

Kementerian Koordinasi Sosial Politik KM ITB 2017/2018

 

[KILAS BERITA – Kunjungan EM Universitas Brawijaya]

Rabu (12/7/2017) Keluarga Mahasiswa ITB (KM ITB) menerima kunjungan dari EM Universitas Brawijaya. Kunjungan kali ini dihadiri oleh 45 orang perwakilan EM Universitas Brawaijaya, termasuk Ahmad Khoiruddin selaku Presiden EM Universitas Brawijaya. dihadiri pula oleh Ardhi Rasy Wardhana selaku Presiden KM ITB dan perwakilan KM ITB. Kunjungan ini dilaksanakan di Amphi Theater GKU Barat.

Inti kunjungan kali ini adalah pemaparan kegiatan dan kebijakan kepengurusan masing-masing Badan Eksekutif Mahasiswa.

Kementerian Media dan Informasi

Kemenkoan Komunikasi dan Informasi

Kabinet KM ITB 2017

#SuarakanAsaSuakanRasa

 

[Kilas Berita- Epilogue “Pameran Karya Sang Arsitek ITB”]

Kamis (20/07/17) berlangsung Pameran Karya berjudul “Epilogue” yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitek – Gunadharma ITB (IMA-G ITB). Epilogue merupakan pameran hasil karya tugas akhir Mahasiswa Jurusan Arsitektur ITB. Berikut karya-karya yang dipamerkan:

  1. Pusat Penelitian Kebumian, Sains, dan Antariksa Lembang, Jawa Barat oleh Yasmin Zahra Azizah
  2. Scientia Auditorium Summarecon Serpong oleh Azhan Pradityo
  3. Gedung Khusus Penyakit Infeksi RSPI Sulianti Saroso Sunter, Jakarta Utara oleh Aulia Syafitri
  4. Sarana Penunjang Observatorium Nasional Timau Kabupaten Kupang, NTT oleh Arneth Dupe

Karya yang ditampilkan kali ini berupa Maket dan Poster hasil pekerjaan mereka.

[Kilas Berita- Wisuda Djoeli]

Pada hari Sabtu (22/07/2017) telah berlangsung acara Wisuda Juli ITB tahun 2017. Wisuda kali ini dihadiri dan dimeriahkan oleh berbagai himpunan-himpunan di ITB. Di mulai dari Sabuga lalu dilanjutkan ke Saraga. Selanjutnya diadakan berbagai prosesi di Tunnel. Dan berakhir di sekretariat masing-masing himpunan. Wisuda Juli kali ini mengusung pensuasanaan “tempo doeloe”, yaitu menggunakan ejaan-ejaan lama. Acara di mulai dari pagi harinya dan selesai di sore hari. Tak luput pula, berbagai pertunjukan dari masing-masing himpunan menambah meriahnya Wisuda Juli 2017.

[KILAS BERITA – AKSI KEBON JERUK]

Hari ini (26/07/17) warga Kebon Jeruk kembali melakukan aksi solidaritas menanggapi surat peringatan kedua untuk mengosongkan lahan yang mereka tempati di Kebon Jeruk.

Aksi solidaritas hari ini dilakukan agar PT. KAI mau menandatangi surat yang menyatakan bahwa PT. KAI akan menaati hasil pengadilan dan tidak akan mengancam warga Kebon Jeruk kembali.

Kementerian Koordinasi Sosial Politik

KM ITB 2017/2018

 

[KILAS BALIK- KUNJUNGAN BEM FEB UGM]

Rabu (26/07/2017), KM ITB kembali menerima kunjungan. Kali ini kunjungan dari BEM FEB UGM. Dihadiri oleh 47 orang perwakilan beserta Ketua BEM – Ahmad Najmi Ramadhan. Kunjungan ini berlangsung di Ampitheater GKU Barat. Diisi dengan pemaparan masing-masing kepengurusan.

Kementerian Media dan Informasi

Kemenkoan Komunikasi dan Informasi

Kabinet KM ITB 2017

#SuarakanAsaSuakanRasa

 

[KILAS BERITA – PASCA JATUHNYA ORNAMEN BATU TEMPEL, ITB KOMITMEN PERBAIKI GEDUNG CADL]

Jumat (28/07), Bandung – Jelang sepekan pasca musibah jatuhnya ornamen batu tempel di salah satu pilar gedung Center for Arts, Design and Language (CADL) pada Sabtu (22/07), ITB memulai untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di pilar penyangga gedung tersebut.  ITB yang dibantu oleh kontraktor pelaksana, PT Wijaya Karya, telah memasang police line dan jaring untuk mengamankan area gedung.

Akibat musibah ini, 6 rekan kita, mahasiswi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, sempat dilarikan ke RS Borromeus. Jelang sepekan, ke-6 rekan kita telah berangsur stabil dan beberapa yang masih dalam tahap pemulihan. Ketua Himpunan IMDI, Ruly Aliefya, pun menyampaikan pesannya, “Kami memohon doanya saja untuk kelancaran pemulihan agar bisa berakrivitas kembali seperti sedia kala.  Semoga ada tindak lanjut yg bisa menghindari terulangnya kejadian seperti ini, agar tidak ada pihak yang dirugikan nantinya.”

Gedung yang diresmikan pada 29 Agustus 2016 bersama dengan tiga gedung lainnya, belum genap setahun ini, diduga terdapat kelalaian pengawasan di dalam masa pemeliharaannya. Tentu hal ini menjadi perhatian bagi kita untuk lebih peduli terhadap kondisi fasilitas kampus. Kementerian Advokasi Kebijakan Kampus pun mengajak rekan-rekan pembaca untuk menyampaikan masukannya terhadap kondisi fasilitas kampus ke narahubung terkait.

Mari untuk lebih peka dengan kondisi kampus kita bersama!

Narahubung :

Bayu Pratama (089606834786 || Line : mbapra123)

Muhammad Rory Abduljabbar (081284524232 || Line : rory_ar)

Kementerian Advokasi Kebijakan Kampus

Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa dan

Kementrian Media dan Informasi

Kemenkoan Komunikasi dan Informasi

Kabinet Suarasa KM ITB 2017/2018

#SuarakanAsaSuakanRasa

#PeduliKampus

 

[KILAS BALIK – PINDAHAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA KE GEDUNG CC TIMUR]

Jumat (28/07), Bandung – Sehubungan dilaksanakannya pekerjaan renovasi gedung Labtek I atau yang lebih dikenal dengan Gedung Mekanika Tanah (Mektan) sejak Senin (17/07), sepuluh Unit Mahasiswa telah direlokasi ke basement CC Timur. Sepuluh UKM tersebut yaitu MGG, Boulevard, KPA, PSM, Lingkar sastra, UKMR, STEMA, Kokesma, KMH, dan Himpunan KMM.

Sekretariat ke-10 unit ini terletak di galeri 2 CC Timur di dekat sekretariat IOM-ITB. Ruangan ini bersifat sementara sehingga masih banyak kekurangan secara fasilitas. Sekretariat CC Timur ini akan ditempati hingga selesainya pembangunan Gedung Labtek XIV SBM.

Mari untuk lebih peka dengan kondisi kampus kita bersama!

Narahubung :

Bayu Pratama (089606834786 || Line : mbapra123)

Muhammad Rory Abduljabbar (081284524232 || Line : mbapra123)

Kementerian Advokasi Kebijakan Kampus

Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa

Kabinet Suarasa KM ITB 2017/2018

#SuarakanAsaSuakanRasa

#PeduliKampus

Sebarkan!