Suka film animasi Disney? Suka lagunya? Pernah membayangkan kalau lagunya diaransemen ke aliran jazz?

Untuk ketiga kalinya, tepatnya Kamis (27 September 2018), ITB Jazz mengadakan Jazz Aula Timur bertajuk Song of Jazz: Disney World dengan mengundang Marthin Siahaan, arranger terkenal dari Jakarta. Konser dibuka dengan sambutan ketua ITB Jazz 2018/2019, Timothy Sihombing. Timothy mengatakan bahwa konser ini menjadi sarana berekspresi dan mengapresiasi musik jazz. Konser aula timur ketiga sejak diadakan pada tahun 2015 dan 2017 ini, tambahnya, bermakna layaknya terbitnya matahari.

Sebelum bintang tamu utama, lima grup dari ITB Jazz menyajikan aransemen lagu Disneynya.

Grup pertama yang pertama tampil beranggotakan Alif Ilham (arranger dan keys), Gafie Garcia (bass), Aries Yuangga (drum), Samuel Belia (gitar), dan Sheila Gioriana (vokal). Mereka melantunkan Someday My Prince WIll Come dari film animasi Snow White secara instrumental dan tanpa gitar lalu You’ve Got A Friend In Me dari film animasi Toy Story dengan formasi lengkap.

Grup kedua yang beranggotakan Hansel Nataniel (arranger dan bass), Yehezkiel Griffine O. (bass 2), Jeremy Gunawan (bass 3), Boas (keys), dan Jason Santoso (drum) melantunkan I See The Light dari film animasi Tangled dan How Far I’ll Go dari Moana.

Grup selanjutnya yang beranggotakan Jeremy Gunawan (Arranger dan bass), Timothy Sihombing (keys), Boss Armando (gitar 1), M. Aqlyn (gitar 2), Bunga Adini dan Andhyka Novico yang mengisi di bagian vokal, Aurellio D. (saxo), serta Elvina F.D (drum) hadir dengan tampilan serba merah. Mereka melantunkan Bare Necessities dari The Jungle Book dan Everyone Wants To Be Cat dari The Aristocats.

Grup yang terdiri dari Lukas Antonio (arranger dan keys), Hans Pniel (bass), Ariqleesta (Gitar), Erick Rene (Vokal), Luthfi Eko T. (Drum) melantunkan Once Upon A Dream dari Maleficent dan A Whole New World dari Aladdin.

Grup terakhir dari ITB Jazz yang beranggotakan Kelvin Kristian (arranger dan bass), Aries Yuangga (drum), Joshua Dwi Prasetyo (keys), Muhammad Ardhya Wirananggapati (gitar), Andrea Eka (vokal), dan Gian Axel (saxo) melantunkan Remember Me dari Coco dan Let It Go dari Frozen. Para penonton refleks turut menyanyikan lagu terakhir. Vokal Andrea yang mantap dengan permainan masing-masing instrumen di hampir penghujung lagu mendapat aplus yang meriah dari penonton.

Jam sudah menunjukkan sekitar pukul 21:00 dan akhirnya Yohanes Marthin Siahaan atau akrab disapa dengan nama Marthin Siahaan, yang identik dengan snapback yang dipakainya tiap tampil, menyapa penonton. Arranger kelahiran tahun 1995 lulusan Institut Musik Indonesia yang kini menjadi anggota dari Andre Dinuth Project, Barry Likumahuwa Experiment, Dewa Budjana Group, dan Dua Drum ini membawakan beberapa lagu, salah satunya adalah “Insomnia” yang dibuatnya pada jam-jam susah tidur karena seringkali insomnia.

Para penonton puas menyaksikan penampilan ini hingga akhirnya konser usai sekitar pukul 22:00 WIB.

Kementerian Media dan Informasi
Kemenkoan Komunikasi dan Informasi
Kabinet KM ITB 2018/2019

Dokumentasi oleh Doksos LFM ITB