KEMENKOAN KARYA DAN INOVASI
Kemenkoan Karya dan Inovasi (Karinov) adalah kemenkoan yang berfungsi untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pergerakan anggota KM ITB dalam bidang penciptaan ide, produk, sistem, kajian, dan usaha dengan basis keilmuan. Peningkatan kapasitas dan kualitas ini dapat dicapai dengan membangun kemenkoan Karinov yang partisipatif dan integratif dalam melayani massa KM ITB dengan berbagai latar belakang keilmuan dan juga generasi.
Deskripsi
Kementerian Propaganda dan Inisiasi Karya (PIK) merupakan salah satu dari tiga kementerian yang berada di bawah Kementerian Koordinasi Karya dan Inovasi. Landasan dari berdirinya kementerian ini adalah untuk mendorong semangat berkarya dan berinovasi massa kampus melalui propaganda, edukasi, serta kolaborasi. Adapun, tujuan lain dari hadirnya Kementerian PIK adalah untuk mengedukasi massa kampus dan masyarakat luar terkait isu dan perkembangan teknologi, dengan cara berkolaborasi dengan lembaga-lembaga KM ITB seperti HMJ, Unit, dan TPB.
Soft Competencies
INFO – Information Seeking
TW – Teamwork
Hard Competencies
– Copywriting Skills
– Social Media Management
– Project Management
– Research Skills
– Creative Thinking
Kedirjenan Apresiasi Karya
Kedirjenan Apresiasi Karya merupakan Kedirjenan yang terfokus pada konten propaganda, penyebaran informasi teknologi, serta apresiasi terhadap elemen KM yang telah berhasil berkarya maupun berinovasi.
Kedirjenan Edukasi Karya
Kedirjenan Edukasi Karya merupakan Kedirjenan yang terfokus untuk mengedukasi massa kampus terkait hal-hal dalam berkarya. Selain itu, kedirjenan ini juga memiliki fokus untuk memantik semangat kekaryaan di ITB dengan mengadakan program berupa seminar, workshop, FGD, atau sejenisnya.
Kedirjenan Lomba, Karya dan Kemitraan
Kedirjenan Lomba, Karya dan Kemitraan merupakan Kedirjenan yang berfokus pada penyebaran informasi terkait Lomba, Pameran, Pagelaran, dan kegiatan kekaryaan lainnya. Selain itu, berfungsi juga untuk menjalin kerja sama dengan pihak eksternal, terkait propaganda.
Bidang Marketing
Bidang Marketing merupakan Bidang yang berfokus pada pengelolaan beberapa anak kanal yang dimiliki Karinov, terutama Innovators dan TechReview
Bidang Videografi
Bidang Videografi merupakan Bidang yang berfokus pada mengelola dan memenuhi kebutuhan konten dan peliputan berupa videografi serta animasi baik di tingkat Kementerian maupun di tingkat Kemenkoan
Bidang Desain
Bidang Desain merupakan Bidang yang berfokus pada mengelola dan memenuhi kebutuhan desain baik ditingkat Kementerian maupun di tingkat Kemenkoan.
Deskripsi
Kementerian Kolaborasi dan Inovasi (KI) merupakan salah satu dari tiga kementerian yang berada di bawah Kementerian Koordinasi Karya dan Inovasi. Agar dapat memaksimalkan inovasi dan karya KM ITB, dibutuhkan fasilitas yang memadai untuk meningkatkan kolaborasi serta mengurangi hambatan pembentukan inovasi dan karya. Maka dari itu, dibentuk Kementerian Kolaborasi dan Inovasi yang berperan sebagai fasilitator KM ITB dan bertujuan untuk mendorong inovasi dan karya di ITB.
Soft Competencies
RB – Relationship Building
INFO – Information Seeking
OA – Organizational Awareness
IMP – Impact and Influence
Hard Competencies
– Public Speaking
– Marketing Skills
– Literature
– Social Networking
– Problem Definition
Technical Competencies
– Product management
– Google Workspace
Kedirjenan Kolaborasi Inovasi Internal
Kedirjenan Kolaborasi Inovasi Internal merupakan salah satu dari dua kedirjenan yang berada di bawah Kementerian Kolaborasi dan Inovasi. Kedirjenan ini memiliki peran untuk memaksimalkan inovasi dan karya dalam lingkup internal di ITB.
Kedirjenan Kolaborasi Inovasi Eksternal
Kedirjenan Kolaborasi Inovasi Eksternal merupakan salah satu dari dua kedirjenan yang berada di bawah Kementerian Kolaborasi dan Inovasi. Kedirjenan ini memiliki peran untuk memaksimalkan inovasi dan karya dalam lingkup eksternal ke pihak luar dari ITB.
Deskripsi
Kementerian Kewirausahaan dan Implementasi Karya (KIK) merupakan salah satu dari tiga kementerian yang berada di bawah Kementerian Koordinasi Karya dan Inovasi. Pembentukan kementerian ini didasarkan pada definisi kemenkoan karya dan inovasi yaitu sebagai fasilitator dalam mengakselerasi karya dan inovasi di KM ITB. Kementerian ini. Hal ini juga didukung oleh visi kemenkoan yaitu sebagai pemberdaya dalam berkarya dan berinovasi. Kementerian ini juga diharapkan dapat mewujudkan tujuan kemenkoan karya dan inovasi yang menjadikan mahasiswa sebagai pelaku utama sekaligus pihak yang paling diuntungkan (beneficiary) dalam berkarya.
Soft Competencies
CSO – CostumerService Orientation
CT – Conceptual Thinking
FLX – Flexibility
TW – Team Work
Hard Competencies
– Market Research
– Data Analyst Skill
– Negotiating Skill
Technical Competencies
– Ms.office & Google Workspace (terutama Spreadsheets & Excel)
Kedirjenan Kreativitas dan Pengembangan Karya
Kedirjenan Kreativitas dan Pengembangan Karya merupakan salah satu dari dua kedirjenan yang berada dibawah Kementerian Kewirausahaan dan Implementasi Karya. Kedirjenan ini memiliki peranan sebagai wadah untuk meningkatkan ekosistem kreativitas dan pengembangan karya bagi mahasiswa ITB.
Pada periode Kabinet ini, program utama yang dimiliki Kedirjenan Kreativitas dan Pengembangan Karya sebanyak empat program kerja. Di antaranya, Ganesha Creative Hub, The Ground Up Project, Heart ITB, dan Sustainability Art Exhibition
Kedirjenan Pemberdayaan Data dan Inovasi
Kedirjenan Pemberdayaan Data dan Inovasi merupakan Kedirjenan yang memiliki fokus pelaksanaan program dalam bidang Pemberdayaan Data dan juga Kewirausahaan/Inovasi. Kedirjenan ini berdiri di bawah Kementerian Kewirausahaan dan Implementasi Karya. Pada periode Kabinet ini, program utama yang dimiliki Kedirjenan Pemberdayaan Data dan Inovasi sebanyak tiga. Di antaranya, program Ganesha Data and Managing Academy, program Ganesha Business Talk, lalu yang terakhir program Data Recyclization and Optimization Program.
Deskripsi
Kedeputian Kajian, Karya, dan Keilmuan (KKK) adalah kedeputian di bawah Kemenkoan Karya dan Inovasi (Karinov) yang berperan sebagai penyedia dan penganalisis data kondisi kekaryaan KM ITB, utamanya kondisi kekaryaan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Kemenkoan Karinov mempunyai sebuah inisiatif bernama Understanding Innovations from ITB (UIITB), yaitu sebuah inisiatif yang bertujuan akhir untuk menerbitkan sebuah dokumen analisis kondisi kekaryaan KM ITB. Dokumen tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan untuk Kemenkoan Karinov dalam mengambil kebijakan dan memberikan saran kepada Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa ITB) untuk pengembangan kekaryaan ITB.
Soft Competencies
CO – Concern for Order
INT – Initiative
Hard Competencies
– Kemampuan menganalisis data kualitatif dan kuantitatif
– Kemampuan mengembangkan metode untuk riset
– Kemampuan kolaborasi interdisiplin
Technical Competencies
-Kemampuan Ms. Office