Kedeputian IT merupakan perangkat yang langsung berada di bawah Kemenkoan Komunikasi Kreatif dan Informasi. Perangkat ini memiliki tugas untuk mengurusi semua masalah yang berkaitan dengan website km.itb.ac.id

Soft Competencies
TW – Teamwork
EXP – Expertise

Hard Competencies
– Web-development Skills

Deskripsi
Kementerian Media dan Informasi memiliki peran utama dalam pengaturan arus informasi yang bermanfaat bagi massa kampus dan masyarakat luas. Kementerian ini memastikan informasi dapat berjalan dan tersebar dengan teratur, serta konten dari media-media yang dimiliki Kabinet KM ITB sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat untuk massa KM ITB. Konten yang diproduksi oleh kementerian ini berangkat dari aktivitas dan isu yang ada di sekitar KM ITB dalam berbagai format seperti tulisan, foto, audio, dan audio-visual.


Soft Competencies
INFO – Information Seeking
TW – Teamwork
SCF – Self-Confidence
CSO – Customer Service Orientation
IU – Interpersonal Understanding

Hard Competencies
1. Kemampuan mengelola sosial media 
2. Kemampuan mengoperasikan aplikasi editing

Technical Competencies
– Adobe Premiere
– Audacity

Kedirjenan Content Creator

Kedirjenan Content Creator merupakan kedirjenan yang akan mengelola dan membuat konten-konten menarik baik seputar kehidupan mahasiswa ITB maupun tidak. Kedirjenan Content Creator terbagi menjadi dua divisi yaitu YouTube dan Spotify. Divisi YouTube bertanggung jawab mengelola akun YouTube KM ITB termasuk menyiarkan secara langsung (live streaming) kegiatan KM ITB. Sedangkan divisi Spotify bertanggung jawab mengelola akun Spotify KM ITB termasuk membuat playlist dan podcast.


Deskripsi

Pada era teknologi informasi, lembaga KM ITB telah beradaptasi untuk melakukan transfer pengetahuan melalui berbagai media. Lembaga KM ITB menghasilkan berbagai kekayaan informasi yang digunakan untuk menjamin transfer pengetahuan (transfer knowledge) dari satu pihak ke pihak lainnya. Untuk menjamin bahwa kekayaan informasi tersebut dapat diakses oleh massa KM ITB maka diperlukan pengelolaan dan pengintegrasian kekayaan informasi. 

Atas kebutuhan tersebut lahirlah Kementerian Museum Data di bawah Kemenkoan Komenfo. Secara singkat pada Kementerian Museum Data memiliki dua tugas inti menghimpun dan menyebarkan kekayaan informasi. Pada kepengurusan tahun ini Kementerian Museum Data terbagi menjadi dua kedirjenan, kedirjenan yang akan menghimpun berbagai kekayaan informasi yaitu Kedirjenan Data Operations dan kedirjenan yang akan menyebarkan kekayaan informasi yaitu Kedirjenan Web Technology.


Soft Competencies
INFO – Information Seeking
TW – Teamwork
AT – Analytical Thinking
CT – Conceptual Thinking

Hard Competencies


Technical Competencies

Kedirjenan Data Operations

Kedirjenan Data Operations merupakan kedirjenan yang akan menghimpun dan mengelola berbagai kekayaan informasi di lingkup KM ITB. Kedirjenan Data Operations memiliki dua konten kekayaan informasi utama yaitu arsip publik dan data riset. Dari evaluasi dan peluang pada kepengurusan sebelumnya, Kedirjenan Data Operations juga akan secara aktif melakukan riset dan menjadi konsultan riset berbasis data di Kabinet KM ITB. Riset ini diharapkan dapat menghasilkan berbagai kekayaan informasi baru tentang massa KM ITB dan lainnya.

Kedirjenan Web Technology

Kedirjenan Web Technology merupakan kedirjenan yang akan menyebakan kekayaan informasi yang telah dikumpulkan ke massa KM ITB melalui suatu produk sistem informasi berbasis website yang beralamat di data.km.itb.ac.id atau biasa disebut dengan nama website Datalogue. Kedirjenan Web Technology akan memelihara (maintain) dan mengembangkan (develop) website Datalogue. Pada kepengurusan tahun ini pengembangan akan dilakukan dengan pendekatan Agile menggunakan framework Scrum agar penyampaian value pada pengguna website dapat dilakukan secara berkala dan incremental

Deskripsi
Kementerian Komunikasi Strategis (Komstrat) adalah salah satu kementerian yang bekerja di bawah kemenkoan Komenfo. Komstrat bertanggung jawab terhadap seluruh aspek visual dan citra dari kanal-kanal media kabinet. Dengan melakukan persiapan sebelum kabinet resmi beroperasi, Komstrat melakukan pembuatan Grand Design Visual (GDV) berupa aset, logo, colour palette, dan lainnya. Selain itu, Komstrat juga membuat teknis penjagaan GDV agar seluruh produk sesuai dan konsisten.

Soft Competencies
TW – Teamwork
EXP – Expertise
IU – Interpersonal Understanding
CSO – Customer Service Orientation

Hard Competencies
1. Mampu mengoperasikan Adobe Photoshop atau Adobe Premiere
2. Kreatif dan Inovatif
3. Mampu Mengoperasikan Kamera

Technical Competencies
– Adobe Photoshop
– Adobe Premiere
– Photography

Kedirjenan Kreatif

Kedirjenan Kreatif merupakan kedirjenan yang bertanggung jawab terhadap seluruh aspek visual dan citra dari kanal-kanal media kabinet yang berupa desain statis.

Kedirjenan Videografi

Kedirjenan Videografi merupakan kedirjenan yang bertanggung jawab terhadap seluruh aspek visual dan citra dari kanal-kanal media kabinet yang berupa desain dinamis (video).

Deskripsi
Kementerian Relasi Media berfungsi sebagai penghubung dan penjaga relasi antar unit atau divisi media di luar dan di dalam KM ITB. Adanya relasi yang terbentuk dapat membuka jalur masuk dan penyebaran informasi di KM ITB. Kerja sama yang terjalin antar kanal media luar dan dalam dapat menjadikan Kementerian Relmed sebagai wadah kegiatan media dari KM ITB. Selain itu, kementerian ini menyediakan sarana pembelajaran dan kolaborasi untuk unit dan lembaga di bidang media.

Soft Competencies
INFO – Information Seeking
RB – Relationship Building

Hard Competencies

Kedirjenan Kolaborasi Media

Kedirjenan Kolaborasi Media merupakan fasilitator antara kabinet KM ITB dengan unit/lembaga media di dalam KM ITB. Kedirjenan ini akan mengadakan kegiatan yang akan mewadahi proses pembelajaran bagi unit/lembaga media KM ITB dan dibantu bersama oleh unit/lembaga media sebagai kolaborator.

Kedirjenan Relasi Media Internal

Kedirjenan Relasi Media Internal merupakan penghubung dan penjaga relasi antar medkominfo lembaga dan/atau unit media. Kedirjenan ini akan melakukan pembaharuan database media internal dan meneruskan informasi dari KM ITB ke lembaga dan/atau unit media maupun sebaliknya.

Kedirjenan Komunikasi Eksternal

Kedirjenan Komunikasi Eksternal merupakan fasilitator antara KM ITB dengan lembaga media di luar KM ITB. Kedirjenan ini bertugas untuk melakukan pendataan kontak relasi media di luar KM ITB, melaksanakan studi banding/kunjungan ke lembaga media di luar KM ITB, dan mengadakan kerja sama satu sama lain antar lembaga media di luar KM ITB dan KM ITB.

Deskripsi
Kementerian ini adalah penghubung antara Kabinet KM ITB dengan pihak luar, baik dalam maupun luar negeri yang dilakukan melalui kunjungan serta menjalin hubungan lebih lanjut dengan pihak-pihak luar kampus.

Soft Competencies
RB – Relationship Building

Hard Competencies
– Kemampuan Public Speaking
– Kemampuan Berkomunikasi

Technical Competencies
– Google Workspace
– Canva

Kedirjenan Luar Negeri

Kedirjenan Luar Negeri merupakan kedirjenan yang berhubungan dengan universitas atau mahasiswa luar negeri di ITB baik secara daring maupun luring. Hubungan ini berupa kunjungan atau studi banding.

Kedirjenan Kunjungan

Kedirjenan Kunjungan merupakan fasilitator kolaborasi antara pihak KM ITB dengan luar, khususnya kampus dalam negeri. Kolaborasi ini difasilitasi melalui program kerja kedirjenan, yaitu berupa pelaksanaan kunjungan atau studi banding ke beberapa kampus di Indonesia serta penerimaan kunjungan dari pihak luar ke dalam KM ITB sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kedirjenan Narahubung

Kedirjenan Narahubung merupakan penghubung serta pembangun hubungan baik antara KM ITB dengan pihak eksternal dari BEM universitas yang ada di Indonesia yang diwujudkan dalam bentuk grup perwakilan hubungan eksternal serta forum diskusi yang ditujukan untuk meningkatkan exposure KM ITB.