‘Akar Asa’ tersusun dari kata ‘akar’ dan ‘asa’ yang bermakna awal mula dan kepercayaan akan suatu kejadian yang berbuah baik. Keluarga Mahasiswa ITB 2021/2022 akan menghadapi masa peralihan dari daring menjadi luring baik dari segi akademik maupun kemahasiswaan. Selain itu, sebagai sebuah organisasi,  ditambah lagi dengan banyaknya masalah yang beradu; KM ITB perlu kembali berbenah dan mengingat tujuan besarnya bersama-sama dengan melibatkan berbagai elemen. Periode ini akan meng-akar-i suatu asa baru bagi Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung.

Visi:
Bakti-Karya Muda-Mudi KM ITB dengan Semangat “In Harmonia Progressio” untuk Kemajuan Peradaban Indonesia.
Misi:
Mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan dasar dan pengembangan diri mahasiswa ITB untuk menunjang bakti-karyanya sebagai Mahasiswa
Merangkai kaderisasi terpusat dan sektoral yang harmonis untuk mencetak kader yang memajukan peradaban Indonesia
Wadah Mencari, Mendalami dan Menyebarluaskan Ilmu, Teknologi dan Seni untuk Kemajuan Peradaban Indonesia
Membentuk Ekosistem Karya Kreatif di KM ITB dengan pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk Kemajuan Peradaban Indonesia
Memetakan dan memberdayakan relasi-relasi pentaheliks sebagai mitra gerakan KM ITB

Daftar Kemenkoan

Berikut adalah 9 kemenkoan yang ada di KM ITB:

hsm
Kemenkoan Harmoni Sosial Masyarakat

Kemenkoan yang bertanggung jawab dalam menginisiasi, memberdayakan, dan meningkatkan kualitas gerakan horizontal di KM ITB untuk kepentingan sesama masyarakat/komunitas masyarakat independen (horizontal) yang pada prosesnya mengedepankan gerakan/karya humanis.

komenfo
Kemenkoan Komunikasi Kreatif dan Informasi

Kemenkoan ini bertanggung jawab untuk mengeksplorasi perkembangan tren  komunikasi guna menunjang ketersampaian dan makna informasi, mengelola kanal-kanal media informasi agar tepat sasaran dan meningkatkan kemauan sasaran komunikasi untuk mengakses kanal tersebut, merencanakan Pendataan, Pengarsipan dan Penyebarluasan Kekayaan Informasi/Pengetahuan di KM ITB

sospol
Kemenkoan Sosial Politik

Kemenkoan ini bertanggung jawab untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pergerakan anggota KM ITB dalam bidang yang mendidik untuk membangun kesadaran kritis mahasiswa dalam memperjuangkan kebutuhan Masyarakat Indonesia melalui advokasi, propaganda dan aksi kepada pemangku kebijakan.

karinov
Kemenkoan Karya Inovasi

Kemenkoan Karya Inovasi adalah kemenkoan yang bertanggung jawab dalam memasyarakatkan Sains, Teknologi, dan Seni dengan mengoptimalkan komunikasi ilmiah yang produktif, melakukan diseminasi keilmuan yang mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat, serta melakukan diversifikasi metode atau wadah kekaryaan dalam berinovasi dengan tujuan untuk menciptakan solusi dari berbagai permasalahan yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar.

kesma
Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa

Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa bertanggung jawab atas pemetaan aspek kesejahteraan mahasiswa yang holistik dan upaya pemenuhan aspek-aspek tersebut. Selain itu, juga bertanggung jawab atas pengelolaan dan perencanaan mitigasi permasalahan kesejahteraan mahasiswa di KM ITB, serta pengupayaan kerjasama, inisiasi, dan pemberdayaan baik internal maupun eksternal KM ITB untuk menunjang pemenuhan kebutuhan mahasiswa. Hal ini dikemas dalam kementerian di Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa sesuai dengan program kerja masing-masing guna mewujudkan mahasiswa yang sejahtera.

psdm
Kemenkoan Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa

Kemenkoan Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa Kabinet KM ITB 2021/2022 bergerak untuk menciptakan anggota KM ITB sebagai insan akademis, yang seminimalnya dapat lulus memenuhi profil Rancangan Umum Kaderisasi (RUK) KM ITB.

internal
Kemenkoan Pergerakan Internal

Kemenkoan Pergerakan Internal adalah kemenkoan yang berfungsi untuk menginisiasi, memberdayakan, menghubungkan lembaga-lembaga di KM ITB untuk berkarya di luar dari (Sosmas,Karya-inovasi dan Sosial-Politik); selain itu juga menjadi sumber pengetahuan untuk meningkatkan kualitas gerakan di KM ITB secara menyeluruh. Fungsinya adalah benar-benar menggali potensi pergerakan yang berkualitas.

sekjen
Kemenkoan Sekretaris Jenderal

Kesekjenan adalah Kemenkoan yang berfungsi mempersiapkan sistem penunjang keberjalanan KM ITB, memastikan keberjalanan elemen-elemen Kabinet KM ITB dengan efektif-efisien dan mengelola sumber daya Kabinet KM ITB untuk kebutuhan KM ITB.

Karesidenan Multikampus
Karesidenan Multikampus

Karesidenan Multikampus adalah lembaga eksekutif yang berada di luar kampus utama dan bertanggung jawab kepada Ketua Kabinet KM ITB. Keresidenan Multikampus diarahkan untuk melakukan pemenuhan atas kebutuhan dan kegiatan mahasiswa multikampus dalam hal ini ialah mahasiswa ITB kampus Jatinangor dan Cirebon. Hal ini diupayakan karena mengingat terdapat beberapa hal seperti kesejahteraan mahasiswa, dinamisasi kegiatan kampus, hingga kaderisasi mahasiswa multikampus yang kurang bisa dipenuhi jika terpusat melalui elemen Kabinet KM ITB saja. Sehingga dalam upayanya melalui otonomi kewenangan diharapkan Keresidenan Multikampus yang nantinya dipimpin oleh Gubernur dan perangkat dibawahnya supaya bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Cari tahu selengkapnya mengenai open recruitment KM ITB