Deskripsi
Kementerian ini berperan sebagai fasilitator untuk membangun kembali ekosistem berkarya melalui penyelarasan arah gerak berkarya dalam bidang sains, teknologi, seni, dan bisnis antara ITB serta KM ITB secara harmonis dan saling mendukung. Lingkup layanan Kementerian Inkubasi dan Penerapan Karya meliputi pengadaan wadah dan fasilitas untuk memulai suatu karya maupun dalam pengembangannya seperti project initiative yang berorientasi kepada alternatif solusi dari permasalahan nyata di sekitar; pelayanan kebutuhan persiapan mahasiswa dalam berkarya melalui kompetisi; pewadahan diskusi keilmuan ilmiah yang melibatkan lembaga serta profesional dari ITB; serta pengembangan kompetensi diri sebagai seorang techtivist melalui acara berbasis keilmuan dan kekaryaan yang berkolaborasi dengan berbagai lembaga di ITB.

Soft Competencies
RB – Relationship Building
DEV – Developing Others
TW – Teamwork
CT – Conceptual Thinking
EXP – Expertise

Hard Competencies
1. Memiliki pengalaman atau ketertarikan dalam bidang riset, pengadaan project, dan kompetisi 
2. Desain grafis; kemampuan mengoperasikan tools desain, minimal Photoshop (menjadi nilai tambah)
3. Platform organizer (Terbiasa dan memiliki kemampuan organisasi aktivitas yang baik dan dibuktikan dengan dapat menggunakan software organizer seperti trello, miro, google drive, calendar, dll)

Kebutuhan SDM
80 mahasiswa

Deskripsi
Kementerian ini bertanggung jawab dalam menanamkan semangat pergerakan karya inovasi melalui inspirasi kekaryaan di lingkungan KM ITB serta memberdayakan ilmu civitas akademik untuk turut menginspirasi pergerakan karya, melakukan pemetaan potensi kolaborasi kekaryaan, serta memberikan wawasan terhadap permasalahan yang menghambat kekaryaan KM ITB.

Soft Competencies
INFO – Information Seeking
IMP – Impact and Influence
DEV – Developing Others
TW – Teamwork
AT – Analytical Thinking
CT – Conceptual Thinking
EXP – Expertise

Hard Competencies
1. Digital marketing; kemampuan untuk memasarkan sesuatu dan menganalisis performa pemasaran melalui media exposure/konten media (menjadi nilai tambah)
2. Creative content making; kemampuan untuk membuat konten-konten menarik melalui media sosial, seperti TikTok, Twitter, IG, dsb. (menjadi nilai tambah)
3. Desain grafis; kemampuan mengoperasikan tools desain, Photoshop/Illustrator (menjadi syarat minimal untuk peminat tim desain dan menjadi nilai tambah bagi pendaftar lain)

Kebutuhan SDM
20 mahasiswa

Deskripsi
Kementrian ini bertanggung jawab dalam menyediakan wadah berkarya melalui kolaborasi dengan pihak eksternal untuk memperluas wadah berkarya bagi massa KM ITB

Soft Competencies
ACH – Achievement Orientation
INFO – Information Seeking
IMP – Impact and Influence
RB – Relationship Building
TW – Team Work

Hard Competencies
Kemampuan desain dan editing

Kebutuhan SDM
15 mahasiswa