Deskripsi
Kementerian Kesekretariatan merupakan kementerian di bawah Kemenkoan kesekjenan yang berfungsi sebagai supporting system dan berfokus kepada pelayanan administrasi massa KM ITB yang efektif dan efisien. Selain itu, Kementerian ini juga bertanggung jawab atas pengarsipan dokumen administrasi yang berlangsung selama periode ini. Kementerian Kesekretariatan juga merupakan sebagai penyambung lidah antara pihak Kabinet dengan Rektorat yaitu Direktorat Kemahasiswaan mengenai urusan yang membutuhkan perizinan kegiatan.

Soft Competencies
ACH – Achievement Orientation
CO – Concern for Orders
CSO – Customer Services
RB – Relationship Building

Hard Competencies
1. Kemampuan menggunakan basic Microsoft Application.
2. Kemampuan menggunakan Hardware penunjang pekerjaan (Laptop, Printer, dan lain-lain).
3. Kemampuan menggunakan bahasa indonesia dalam ejaan yang benar dan menyusun kalimat efektif.
4. Kemampuan multi-tasking dalam mendengarkan dan menginterpretasikan suatu pembicaraan menjadi kalimat yang sesuai.

Kebutuhan SDM

Deskripsi
Kementerian Keuangan berfokus dalam pengelolaan sumber daya keuangan Kabinet KM ITB secara efisien. Pengelolaan sumber daya keuangan ini meliputi perencanaan anggaran belanja (RAB), pencegahan terjadinya pengeluaran diluar dugaan, pencarian sumber pembelanjaan yang paling murah, menghindari adanya dana yang tidak terpakai, rekap laporan keuangan, dan pengelolaan antara RAB dengan RAM (Rancangan Anggaran Masukan).

Soft Competencies
CO – Concern for Order
CSO – Customer Service Orientation
DIR – Directiveness
EXP – Expertise

Hard Competencies
1. Mengetahui Ilmu mengenai Basic Finance
2. Mampu menggunakan microsoft
3. Mengetahui cara mengaudit keuangan
4. Mampu menganalisis keuangan

Kebutuhan SDM

Deskripsi
Kementerian Manajemen Talenta merupakan kementerian yang berada di bawah Kemenkoan Kesekjenan yang berfungsi sebagai pengelola sumber daya manusia di Kabinet KM ITB. Selain itu, Kementerian ini juga bertanggung jawab atas rekrutmen, pengembangan anggota, manajemen kinerja anggota, dan penanaman nilai serta budaya yang menunjang visi misi Kabinet KM ITB yang berlangsung selama periode ini.

Soft Competencies
CO – Concern for Order
IU – Interpersonal Understanding
DEV – Developing Others
CT – Conceptual Thinking

Hard Competencies
1. Kemampuan dalam menggunakan Microsoft
2. Kemampuan untuk memahami Human Competencies 
3. Kemampuan dalam pengolahan data dan Visualisasi Data
4. Kemampuan Content Writing and Planning
5. Kemampuan Design Content
6. Kemampuan dalam menggunakan Sosial Media
7. Kemampuan dalam menata data (Organizing Data)

Kebutuhan SDM
24 mahasiswa

Deskripsi
Kementerian Satuan Pengendalian Internal hadir sebagai salah satu unit kerja yang berfungsi untuk mengontrol performa kinerja unit-unit kerja yang ada di dalam organisasi.

Soft Competencies
INFO – Information Seeking
OA – Organizational Awareness
AT – Analytical Thinking
TW – Team Work

Hard Competencies
1. Kemampuan data analytic (melakukan pengolahan data) 
2. Kemampuan dalam memahami OKR (lebih kepada organizational development)
3. Kemampuan menggunakan software untuk visualisasi data”

Kebutuhan SDM

Deskripsi
Kementerian Badan Usaha Milik Kabinet (KBUMK) adalah kementerian yang bertugas memenuhi kebutuhan keuangan Kabinet KM ITB untuk mencapai kemandirian. Berperan sebagai “holding company” dari lima BUMK, KBUMK berusaha mewujudkan resiliensi Kabinet KM ITB secara finansial.

Soft Competencies
IU – Interpersonal Understanding
CSO – Customer Service Orientation
OA – Organizational Awareness
TW – Teamwork
CT – Conceptual Thinking

Hard Competencies
ITB Investment:
1. Artistic (Design Marketing): Adobe Photoshop, Canva
2. Basic Microsoft Office (word, ppt, etc.), Google features (docs, sheet, meet, etc.)
3. Knowledge of human competencies (skills, knowledge, attitude) 
4. Public Relation, Communication skill: Presentation and moderating skills
5. Administrative skills: pendataan peserta, form evaluasi dan evaluasi acara, dll.

ITB Project:
1. Artistic (Design Marketing): Adobe Photoshop, Canva
2. Public Relations and Communication skills
3. Administrative skills: pendataan peserta, form evaluasi dan evaluasi acara, dll.
4. Knowledge of human competencies (skills, knowledge, attitude) 
5. Financial skills (accounting, treasurer, auditing)
6. Project management

Kebutuhan SDM
ITB Investment: 28 mahasiswa
ITB Project: 24 mahasiswa

Deskripsi
Kementrian Sistem Informasi dan Pelayanan merupakan kementrian yang berada di bawah Kemenkoan kesekjenan yang berfungsi untuk merancang dan mengelola penyelenggaraan sistem pelayanan serta pengelolaan data dan informasi yang andal dan terintegrasi serta mengelola Knowledge Management System untuk memenuhi kebutuhan perbaikan berkelanjutan Kabinet KM ITB.

Soft Competencies
ACH – Achievement Orientation
IU – Interpersonal Understanding
DEV – Developing Others
DIR – Directiveness
TW – Teamwork
SCT – Self-Control

Hard Competencies
1. Kemampuan terkait UI/UX
2. Kemampuan terkait pengembangan software menjadi nilai plus
3. Kemampuan untuk bicara di depan umum
4. Wawasan tentang knowledge management software (contoh: notion) menjadi nilai plus

Kebutuhan SDM
4 mahasiswa