Kabinet KM ITB

                    Kabinet Suarasa berasal dari kata “suar” yang berarti pelita atau penuntun dan kata “asa” yang berarti harapan. Suarasa di sini adalah KM ITB yang dapat menjadi pelita di tengah kegelapan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Pelita terebut dapat memberikan tuntunan dan harapan untuk menuju Indonesia emas pada umur 10 dekade kemerdekaannya. KM ITB hari ini harus mampu menjadi pelopor penggagas Indonesia masa depan dan mampu memvisualisasikannya dalam seluruh kegiatan kemahasiswaannya. Sehingga jika dirangkai menjadi sebuah kalimat, Suarasa merupakan sebuah tujuan dan sebuah doa agar KM ITB  dapat menjadi pelita harapan masa depan Indonesia melalui seluruh dinamika kemahasiswaan yang terjadi di dalamnya.

                    Untuk mencapai tujuan besar tersebut, KM ITB harus mempertemukan rasa (hati) masing-masing anggota di dalamnya. Rasa ini harus mampu saling melengkapi satu sama lain dalam balutan gotong royong sebagai nilai khas Indonesia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa suarasa juga dapat berarti KM ITB akan mempertemukan (sua) hati (rasa) dalam semangat gotong royong untuk menjadi pelita harapan Indonesia masa depan.

 Visi

“KM ITB sebagai suar pergerakan gotong royong untuk satu Indonesia”

 Misi

  1. Mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan mahasiswa untuk dapat berkembang dan berkarya sesuai dengan minat dan potensinya.
  2. Merangkai kaderisasi terpusat dan sektoral dalam rangka membentuk pemimpin yang berkepribadian bangsa.
  3. Merintis infrastruktur pergerakan mahasiswa ITB yang integralistik sebagai upaya    memberdayakan potensi bangsa.
  4. Membangun relasi dengan beragam mitra pergerakan demi harmonisasi satu Indonesia.

Kabinet Suarasa KM ITB sebagai student government membawa sebuah visi KM ITB sebagai suar pergerakan gotong royong satu Indonesia. Dengan menjadi suar pergerakan berarti KM ITB bertujuan untuk menjadi pelita yang menuntun dan bahu membahu bersama elemen mahasiswa, masyarakat umum, pemerintah, dan elemen lainnya dalam bergerak memperbaiki kehidupan bangsa Indonesia.

Satu Data KM ITB

Satu data KM ITB merupakan arah gerak yang membawa semangat pengelolaan data secara terpusat sehingga harapannya elemen KM ITB dapat mendapatkan lebih banyak insight, informasi, dan pengetahuan.

Gelora Karya 

Gelora Karya adalah sebuah arah gerak yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas karya mahasiswa ITB yang bermanfaat serta menjadikannya sebagai aspirasi bagi mahasiswa lain untuk berkarya.

Peduli Kampus

Arah gerak “Peduli Kampus” atau PeKa merupakan bentuk sinergisasi gerakan antar lembaga-lembaga di KM ITB yang bertujuan untuk mengoptimalisasi implementasi kebijakan-kebijakan ITB, utamanya kebijakan yang menyangkut pemenuhan kebutuhan dasar mahasiswa dan sistem tata kelola kampus.

#1000pengmas 

#1000pengmas adalah sebuah arah gerak yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kuantitas kegiatan pengabdian masyarakat oleh satu KM ITB. Terdapat 3 strategi yang dapat dijadikan wadah pergerakan yaitu : kerjasama dengan Badan Semi Otonom (BSO) bidang pengabdian masyarakat (Skhole-ITB Mengajar, Gebrak Indonesia), dan rangkaian kegiatan pengmas terkonsentrasi di wilayah sekitar ITB.

Artefak Ganesha

Artefak Ganesha merupakan pengumpulan dan pengelompokkan arsip-arsip dari setiap lembaga KM ITB. Arsip tersebut akan digunakan oleh beberapa lembaga yang membutuhkan  untuk dijadikan gimmick, sumber pembelajaran, maupun sumber inspirasi sebagai salah satu metode untuk meningkatkan awareness massa kampus akan sebuah isu.

Evaluasi Reformasi 1998  

Evaluasi reformasi ini akan melibatkan seluruh struktur dalam Kemenkoan Sospol untuk mengarahkan seluruh kajian dan gerakan di KM ITB untuk menuju ke gagasan dari Kemenkoan Sospol serta Kabinet harapkan, sesuai arahan Presiden KM ITB 2017/2018. Kajian-kajian dari evaluasi reformasi ini berasal dari kajian rumpun isu infrasturktur, kajian isu Kota Bandung, serta kajian isu Nasional.

Kabinet Suarasa KM ITB membawa sebuah alur program yang secara garis besar menopang mencapai visi sebagai suar pergerakan.

Kemenkoan Komunikasi dan Informasi

Penjenamaan Kabinet Suarasa KM ITB 2017/2018

Perumusan penjenamaan (branding) baru Kabinet Suarasa dengan menyampaikan nilai yang dibawa kabinet KM ITB 2017/2018 dalam bentuk visual dan komunikasi, agar pesan yang disampaikan lebih mudah diterima dan terciptanya identitas khas Kabinet Suarasa. Tujuan :

  • Memperkenalkan audiens dengan branding baru kabinet KM ITB

Penyebaran Informasi Kabinet Suarasa

Penyampaian informasi dengan memanfaatkan seluruh channel media secara terkini dan persuasif akan dilakukan dengan melalui twitter, facebook, web, dan akun lainnya yang dimiliki KM ITB serta melalui poster-poster yang ditempel di seluruh penjuru kampus. Tujuan :

  • Menyebarkan informasi tentang atau dari KM ITB
  • Mengatur alur informasi tentang atau dari KM ITB

Portal 1 Data

Portal 1 data merupakan wadah sistem manajemen data terpusat KM ITB yang transparan dan berkelanjutan. Tujuan :

  • Membuka informasi yang dibutuhkan publik guna mendukung optimasi kinerja Kabinet KM ITB

Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa

Wisuda Terpusat

Merupakan bentuk apresiasi yang ditujukan bagi purnastudi mahasiswa S1 ITB. Parade wisuda yang menjadi agenda utama bagi wisudawan ITB dengan memperlihatkan warna-warni kehidupan kampus ITB karena melibatkan setiap Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di ITB. Kepanitiaan parade wisuda terpusat dibentuk dalam rangka mengkoordinasikan rangakaian parade wisuda yang melibatkan seluruh HMJ di ITB.

Tujuan :

  • Memberikan apresiasi atas pencapaian prestasi
  • Menjalankan perayaan wisuda  yang apresiatif dan menginsepsi nilai-nilai kebangsaan

Kopi Sore

Kopi Sore adalah kegiatan yang bertujuan untuk menjalin silahturahmi antara mahasiswa dan rektorat. Dalam acara akan diadakan diskusi mengenai isu ataupun permasalahan yang perlu dikomunikasikan diantara kedua belah pihak untuk mengusahakan tercapainya keselarasan pandangan, sikap, dan usaha untuk kebaikan ITB.

Tujuan :

  • Membangun koalisi dengan rektorat yang menunjang proses advokasi dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar mahasiswa
  • Mengusahakan tercapainya keselarasan pandangan, sikap, dan usaha untuk kebaikan

Tanggap UKT (Uang Kuliah Tunggal)

Tanggap UKT adalah kegiatan yang memfasilitasi kebutuhan mahasiswa ITB yang memerlukan penurunan UKT. Dalam program ini dibentuk satuan penugasan yang menangani permohonan banyak mahasiswa untuk penurunan UKT mereka. Dalam hal ini Kabinet bekerja sama dengan Lembaga Kemahasiswaan (LK). Kabinet berperan dari mulai pengumpulan, seleksi, dan verifikasi berkas, wawancara, hingga menentukan rekomendasi nominal UKT kepada pihak LK.

Tujuan :

  • Menunjang pemenuhan kebutuhan dasar finansial mahasiswa

Kemenkoan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Kaderisasi Awal Terpusat – Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa ITB 2017(OSKM ITB)

OSKM ITB adalah Rangkaian pembelajaran anggota KM ITB yang melibatkan seluruh elemen KM ITB secara sinergis guna menginisiasi pencapaian suatu target profil yang sesuai dengan kebutuhan KM ITB.

Tujuan :

  • Membuat momentum untuk mengarahkan mahasiswa baru mengenai kehidupan kampus, kemahasiswaan KM ITB, dan identitas mahasiswaMembuat momentum untuk mengarahkan mahasiswa baru mengenai kehidupan kampus, kemahasiswaan KM ITB, dan identitas mahasiswa
  • Mengusahakan pemenuhan profil Rancangan Umum Kaderisasi(RUK) tingkat 1 serta mempersiapkan pendidikan profil RUK tingkat 2 bagi mahasiswa angkatan 2016 sebagai calon kader Himpunan Mahasiswa Jurusan(HMJ) dan penerus tonggak kepengurusan UKM
  • Mengoptimalkan peran seluruh elemen KM ITB dalam rangka sinergisasi kaderisasi di tiap tingkat

Diklat Dasar Aktivis Terpusat (DDAT) 2016 dan 2017

Diklat Dasar Aktivis Terpusat adalah suatu wadah kaderisasi untuk anggota termuda di KM ITB, mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB), sebagai calon-calon penggerak KM ITB selanjutnya. DDAT merupakan suatu wadah penanaman nilai untuk mewujudkan penggerak-penggerak muda yang memiliki cita-cita besar bagi kampusnya dan bangsanya. DDAT membawa semangat untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan yang nantinya mewujudkan kader-kader KM ITB yang berkepribadian bangsa. Kepribadian bangsa yang dimaksud tertuang dalam dokumen Nilai Dasar Pergerakan(NDP) KM ITB 2017.

Tujuan :

  • Menanamkan nilai dasar pergerakan dalam kehidupan kemahasiswaan selama tahap persiapan bersama
  • Mengukuhkan pemahaman peserta tentang nilai dan sistem kemahasiswaan KM ITB pada umumnya dan kemahasiswaan sektoral pada khususnya
  • Memotivasi peserta untuk terus berkontribusi lebih, dalam dinamika kemahasiswaan di KM ITB.

Diklat Aktivis Terpusat 2017

Diklat Aktivis Terpusat adalah program yang memfasilitasi pengembangan karakter terpusat bagi mahasiswa tingkat 2 ke atas sekaligus mencetak penerus tonggak pergerakan kemahasiswaan KM ITB yang berkepribadian bangsa dan mampu menularkan nilai-nilai dasar pergerakan.

Tujuan :

  • Membentuk kader yang memiliki pemahaman mendalam akan sistem KM ITB dan tahu potensi masing-masing elemen yang ada di dalamnya
  • Membentuk kader yang memahami, menjalankan, dan dapat menganalisis paradigma gerakan keilmuan-keprofesian, kemasyarakatan, dan sosial politik
  • Membangun pribadi kader yang memiliki nilai gotong royong sesuai Nilai Dasar Pergerakan KM ITB

Kemenkoan Dinamisasi Kampus

Malam Apresiasi

Malam Apresiasi adalah rangkaian kegiatan penutup masa bakti Kabinet Suarasa. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pagelaran, museum karya, serta lini masa kemahasiswaan KM ITB. Kegiatan ini diharapkan juga dapat menumbuhkan budaya empati dan apresiasi kepada mahasiswa lain, serta menjadi momen inspirasi bagi mahasiswa lainnya. Dengan diadakannya kegiatan ini, dapat menjadi momen penyebar inspirasi kepada seluruh masa kampus agar kegiatan kemahasiswaan KM ITB maupun kegiatan non kemahasiswaan KM ITB kedepannya dapat lebih optimal.

Tujuan :

  • Memberikan apresiasi bagi seluruh elemen massa kampus
  • Menjadi wadah silahturahmi antar elemen massa kampus
  • Menjadi wadah inspirasi seluruh massa kampus

Kolaborasi Unit Seni Budaya

Kolaborasi Unit Seni Budaya adalah rangkaian kegiatan yang bekerja sama dengan unit-unit dari rumpun seni budaya untuk dapat saling meningkatkan manfaat pagelaran seni yang dilakukan oleh masing masing unit. Peningkatan tersebut dilakukan dalam bentuk pengaturan flow masa kampus, serta koordinasi untuk saling membantu antar pagelaran seni budaya. Rangkaian kegiatan ini akan dibuka dengan sebuah seremoni pembukaan, untuk selanjutnya dilanjutkan dengan pagelaran masing masing lembaga selama kurun waktu yang diatur bersama secara gotong royong.

Tujuan :

  • Mewujudkan sinergisasi dan kolaborasi, meningkatkan eksistensi unit rumpun seni budaya, mewadahi unit rumpun seni budaya agar dapat menunjukkan kreasi, kreativitas, dan inovasi

Kemenkoan Wahana Inovasi

Pasar Ide

Pasar Ide adalah sebuah platform berbentuk website untuk beride, berkolaborasi, dan berkarya bagi mahasiswa ITB. Secara spesifik , dalam platform ini mahasiswa ITB dapat memasukkan ide secara langsung, berdiskusi tentang suatu ide, mencari orang untuk bergabung dalam idenya, bergabung dalam ide seseorang, mendaftar pada program pengembangan ide, mencari informasi, inspirasi, dan potensi untuk berkarya, dan melihat hasil-hasil karya yang pernah dibuat oleh mahasiswa ITB.

Tujuan :

  • Menciptakan suasana kondusif untuk berkarya
  • Mengeskalasi karya dan potensi yang dimiliki setiap mahasiswa ITB/HMJ/UKM-karya di ITB

ITB Innovators Move

ITB Innovators Move (ITB inMove) adalah wadah bagi mahasiswa ITB dalam mempertemukan, menumbuhkan, dan mengembangkan ide menjadi sebuah karya. Ide yang diinkubasi oleh inMove memiliki kriteria problem solution fit, original, collaborative, feasible, visionary, and strategic. Rangkaian acara inMove terdiri dari Innovators Hunt (Pengumpulan dan kurasi ide), Innovators Training, dan Innovators Meet Up untuk seluruh mahasiswa ITB. Puncak rangkaian acara ITB inMove adalah gebyar ide ganesha yang memamerkan karya-karya yang telah di inkubasi lewat InMove.

Tujuan :

  • Menciptakan suasana untuk berinovasiMenciptakan suasana untuk berinovasi
  • Memberikan inspirasi dan motivasi bagi anggota KM ITB untuk berinovasi
  • Mewadahi anggota KM ITB untuk menumbuhkan dan mengembangkan ide menjadi sebuah karya

Kolaborasa

Kolaborasa adalah sebuah program pengabdian masyarakat satu KM ITB yang dilakukan kepada masyarakat sekitar ITB Ganesha. Program ini berkolaborasi dengan lembaga-lembaga di KM ITB yang memiliki kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dari tiap lembaga dikonsentrasikan ke daerah-daerah sekitar kampus ITB Ganesha (Plesiran, Taman Hewan, Kebon Bibit, dan Cisitu), mulai dari Juli 2016 hingga Januari 2017. Dengan rangkaian acara yang berkelanjutan namun tetap bervariasi, program ini diharapkan dapat membuat mahasiswa dekat dengan masyarakat sekitar. Di akhir program akan diadakan sebuah festival rakyat yang akan menghibur masyarakat dan juga menampilkan bentuk-bentuk kegiatan yang telah dilakukan selama rangkaian program.

Tujuan :

  • Membuat mahasiswa ITB terbiasa untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar

Aku Masuk ITB

Aku Masuk ITB adalah sebuah program penyuluhan dan sosialisasi mengenai pendidikan tinggi ke seluruh penjuru nusantara. Selain pentingnya pendidikan tinggi, informasi mengenai ITB pun diberikan meliputi cara masuk, beasiswa, kehidupan kampus, dan lain-lain. Bentuk penyuluhan dan sosialisasi tidak hanya diberikan secara menyebar ke setiap daerah, namun juga dipusatkan di kegiatan ITB Day, dimana kampus ITB dibuka untuk umum sehingga masyarakat, khususnya siswa SMA, dapat mengetahui informasi-informasi mengenai kampus ITB.

Tujuan :

  • Menyebarkan semangat nasionalisme serta semangat akan pentingnya pendidikan tinggi
  • Menyebarkan semangat nasionalisme serta semangat akan pentingnya pendidikan tinggiMenyebarkan motivasi melanjutkan studi ke pendidikan tinggi beserta informasi mengenai kehidupan di ITB kepada siswa SMA/sederajat di seluruh Indonesia
  • Menjadi wadah pergerakan nyata yang dapat menyadarkan dan menanamkan pentingnya pendidikan tinggi kepada siswa di seluruh Indonesia
  • Menjadi sarana penularan semangat dan kesadaran kepada mahasiswa ITB untuk turun langsung dan belajar membangun daerah

Kemenkoan Sosial Politik

 Ksatria Ganesha

Ksatria Ganesha adalah kegiatan kaderisasi yang khas dengan gerakan sosial politik serta pergerakan massa aksi.

Tujuan :

  • Menciptakan suatu mekanisme yang tersistem dan simultan dalam menghasilkan aktivis-aktivis khas gerakan sosial politik
  • Membentuk kader Ksatria Ganesha yang sesuai dengan profil yang direncanakan untuk kepengurusan 2017/2018

Aksi Hari Kebangkitan Nasional 

Pada aksi ini, Kemenkoan Sosial Politik KM ITB memanfaatkan momentum Hari Kebangkitan Nasional yang juga bertepatan dengan 90 hari pasca pernyataan Surat Terbuka KM ITB mengenai keserampangan pemerintah untuk melakukan perwujudan penyikapan dalam bentuk aksi. Aksi ini merupakan bentuk tindak lanjut terhadap surat terbuka tersebut dengan menitikberatkan pada 3 poin tuntutan yaitu, pengembalian pada sitem ekonomi kerakyatan, penegakkan supremasi hukum, dan penguatan tugas pokok fungsi MPR RI.
Aksi ini telah berhasil dilaksanakan pada 19 Mei 2017 lalu bersama BEM UI di depan gedung MPR-DPR RI dengan total massa sebanyak 180 orang.

Tujuan :

  • Menindak lanjuti Surat Terbuka KM ITB mengenai keserampangan Pemerintah
  • Menyadarkan massa kampus mengenai isu-isu yang dibawa
  • Menjadi wadah penyampaian sikap atas nama KM ITB terhadap isu yang dibawa

Aksi Evaluasi 3 Tahun Kinerja Jokowi

Aksi Evaluasi 3 Tahun Kinerja Jokowi adalah aksi untuk mengeskalasikan hasil evaluasi kerja Jokowi setelah 3 tahun menjabat. Evaluasi kerja dapat berupa evaluasi berbagai proyek dalam bidang infrastruktur yang saat ini banyak digalakkan selama kepengurusan Jokowi.

Tujuan :

  • Menyadarkan massa kampus terhadap isu-isu kinerja Jokowi selama 3 tahunMenyadarkan massa kampus terhadap isu-isu kinerja Jokowi selama 3 tahun
  • Wadah penyampaian sikap atas nama KM ITB terhadap evaluasi yang dibawa

Evaluasi Reformasi 

Evaluasi Reformasi adalah kegiatan yang melibatkan keseluruhan struktur yang terdapat di Kemenkoan Sosial Politik. Evaluasi reformasi diawali dengan melakukan kajian-kajian dari seluruh lini kajian di Kemenkoan Sosial Politik yang kemudian akan dirangkum dalam sebuah buku evaluasi reformasi.

Tujuan :

  • Memunculkan transformasi sosial di Indonesia

Kemenkoan Karesidenan Multikampus

Festival Olimpiade KM ITB Jatinangor

Festival Olimpiade KM ITB Jatinangor adalah ajang kolaborasi seni budaya dan olimpiade olahraga terbesar yang melibatkan masa multikampus KM ITB. Acara ini akan dilaksanakan di Kampus ITB Jatinangor.

Tujuan :

  • Menginisiasi kolaborasi seni budaya di Kampus ITB MultikampusMenginisiasi kolaborasi seni budaya di Kampus ITB Multikampus
  • Menjadi wadah kegiatan terpusat bagi seluruh mahasiswa S1 ITB Multikampus
  • Menjadi ruang ekspresi dan apresiasi yang diikuti seluruh HMJ dan Unit Kebudayaan Mahasiswa (UKM) rumpun seni budaya KM ITB Multikampus

Sebarkan!