BANDUNG, km.itb.ac.id – Himpunan Mahasiswa Rekayasa Kehutanan ‘Selva’ ITB menyelenggarakan program Sekolah Menanam di Sekitar Gunung Geulis, tepatnya di Desa Jatiroke, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Siapa yang mengira bahwa kegiatan yang berupa inisiasi untuk mengenal lebih dekat desa binaan Selva ini terlaksana dengan penuh semangat dan keceriaan.

Sekolah Menanam atau yang sering disebut dengan SENAM merupakan kegiatan dari Divisi Kemasyarakatan HMH ‘Selva’ ITB sebagai salah satu metode untuk mengenal lebih dekat Desa Binaan Selva. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara HMH ‘Selva’ ITB dengan FKGG (Forum Komunikasi Gunung Geulis) Desa Jatiroke.

Rangkaian kegiatan senam terdiri dari dua kegiatan yaitu pre-event dan event. Kegiatan pre-event meliputi kegiatan persiapan lokasi senam dengan segala sesuatu yang mendukungnya. Kegiatan ini dipersiapkan hampir dua bulan. Diawali dengan survei lokasi, pembersihan lokasi bersama masyarakat, pengisian lokasi dengan bibit-bibit tanaman dan sosialisasi ke beberapa paud yang ada di Desa Jatiroke.

Event senam sebagai kegiatan utama ini terlaksana pada Minggu (19/11/2017). Dalam kegiatan ini, HMH ‘Selva’ ingin menerapkan rasa cinta lingkungan sedari kecil kepada adik-adik di Jatiroke dan diharapkan orangtua, serta lingkungan sekitarnya dapat turut mendukung perilaku tersebut. Adik-adik paud di Jatiroke dengan antusias mengikuti kegiatan Sekolah Menanam.

Kegiatan senam dimulai dengan aktivitas senam pinguin bersama dan mendengarkan dongeng tentang kelinci dan kura-kura. Selanjutnya, adik-adik memasuki acara puncak yaitu pos-to-pos, yang terdiri dari beberapa games, belajar mengenal tanaman, dan juga menanam bibit sengon. Meskipun lelah karena banyak pos yang harus dilalui, tetapi mereka tetap bergembira karena pada akhirnya mereka dapat membawa pulang bibit pohon hasil kegiatan menanam yang telah dilakukan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 50 anak-anak sekolah dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berlokasi di Desa Jatiroke. Selain itu juga dihadiri oleh beberapa guru PAUD, orang tua siswa dan muda mudi Karangtaruna Desa Jatiroke. Dalam kesempatan tersebut hadir pula perwakilan dari dosen Rekayasa Kehutanan ITB yaitu Bapak Dr. Yayat Hidayat S.Hut., M.Si., IPM, Bapak Dr. Sopandi Sunarya S.Hut., M.Si., dan Ibu Dr. Mulyaningrum S.Hut., M.Si., IPM.

Desa Jatiroke adalah salah satu desa terletak di kaki Gunung Geulis. Kawasan gunung merupakan daerah yang rawan banjir, longsor, dan erosi apabila tidak ada pepohonan yang tumbuh. Semoga dengan adanya kegiatan ini, adik-adik menjadi senang melakukan kegiatan menanam pohon dan semakin lama tumbuh rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

“Maybe we can’t do great things in life. But we can do small things with great love” Adalah kata mutiara yang diungkapkan ‘HMH’ Selva perihal harapan mereka akan kegiatan ini.

Kementerian Pengembangan Sosial Kemasyarakatan
Kementerian Koordinator Wahana dan Inovasi
Kementerian Media dan Informasi
Kementerian Koordinator Komunikasi dan Informasi
Kabinet Suarasa KM ITB 2017/2018

#SekolahMenanam
#KemasyarakatanSelva
#DepartemenPK3
#SelvaTiasa
#ITB1000pengmas

#Suarasa
#SuarkanAsaSuakanRasa