Selasa kemarin berbeda dengan biasanya. Para mahasiswa dan staf kampus ITB terlihat mengenakan pakaian bermotif batik. Benar saja karena 2 Oktober, yang tahun ini jatuh pada hari Selasa, merupakan hari batik nasional.

Kementerian Seni dan Budaya Kabinet KM ITB 2018/2019 mengadakan sidak ke boulevard ITB Ganesha dan lapangan CC Barat dan Timur. Dari warga kampus yang ditemui saat sidak, banyak yang sudah memakai batik dan mengaku karena hari itu merupakan hari batik. Ada beberapa juga yang mengenakan batik karena diajak “kompakan” dan berfoto bersama.

Mahasiswa yang terkena sidak diberi makanan ringan yang diberi pesan mengenai budaya nusantara. Namun, ada beberapa mahasiswa yang saat itu tidak mengenakan batik.

“Masih dicuci, Mas, biasanya ‘kan hari Rabu”, ujar salah satu mahasiswa yang terpantau tidak mengenakan batik.

Beberapa mahasiswa juga mengatakan kalau tidak memiliki pakaian motif batik atau tidak membawa pakaian motif batiknya ke Bandung.

Menteri seni dan budaya Kabinet KM ITB 2018/2019, Aldino D., menuturkan bahwa sidak ini diadakan dengan harapan massa dapat sadar dengan warisan seni dan budaya bangsa. Setelah dimulai dari batik, semoga ke depannya dapat merambat ke budaya-budaya lain.

Terlihat beberapa mahasiswa berkumpul dengan teman-temannya dan berfoto bersama mengenakan batik di beberapa titik kampus.

Jangan lupa juga memakai sandang nusantara kebanggaan setiap hari Rabu dan menyukseskan gerakan-gerakan budaya nantinya!

 

Kementerian Seni dan Budaya
Kementerian Media dan Informasi
Kemenkoan Komunikasi dan Informasi
Kabinet KM ITB 2018/2019

#SenBudKMITB
#MedinfoKMITB
#KMITBOkt2018
#BeritaKMITB