Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar tari Saman? Apakah perempuan-perempuan yang berbaris dalam satu shaf dengan pakaian yang berwarna-warni dan menari serentak sembari diiringi alunan lagu berbahasa Aceh? Jika iya, maka selama ini kamu keliru. Tarian tersebut bukanlah tari Saman melainkan tari Ratoeh Jaroe. Tari yang sengaja dibuat oleh seniman Aceh yang merupakan gabungan dari tari-tari tradisional Aceh lainnya yakni tari Ratoeh Doek, Likoek Puloe, Ratep Meuseukat, Ratoeh Bantai, dan tari Saman itu sendiri. Tari Ratoeh Jaroe sengaja dibuat untuk membangkitkan kembali semangat masyarakat Aceh dari keterpurukan akibat konflik atau musibah.

saman

Lalu seperti apakah tari saman yang sebenarnya? Tari saman adalah sebuah tarian yang dilakukan oleh laki-laki yang berbaris dalam satu shaf, isi dari tariannya adalah tepukan tangan dan tepukan dada. Di Aceh, tari Saman diharamkan untuk dilakukan oleh perempuan karena dianggap tidak etis. Selain itu tari Saman juga tidak diiringi oleh alat musik apapun. Yang mengiringi tari Saman hanyalah tepukan tangan, tepukan dada, dan suara syair dari penarinya itu sendiri.

Selain perbedaan-perbedaan di atas, dari lirik lagu pengiring pun ternyata berbeda. Tari Ratoeh Jaroe menggunakan lagu berbahasa Aceh sedangkan tari Saman menggunakan lagu berbahasa Gayo. Dari segi kostum, penari Ratoeh Jaroe menggunakan pakaian polos merah, kuning, hijau dan lainnya berpadu dengan songket Aceh dengan penggunaan ikat kepala berwarna polos sedangkan penari Saman menggunakan pakaian kantong bermotif karewang dengan warna dasar hitam dan motiv merah, kuning, dan hijau serta hiasan kepala menggunakan bulang teleng dengan daun kepies atau daun pandan.

Tari saman sudah ditetapkan dan diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda sejak 24 November 2011. Nah menyambut Hari Saman Nasional, semoga kita sebagai pewaris kebudayaan nenek moyang tidak akan keliru lagi ya mengira tari Saman. Karena jika kita saja tidak tahu keindahan tari Saman, bagaimana kita bisa menunjukkan kepada dunia keindahannya.

Sebarkan!