Florence, km.itb.ac – Paduan Suara Mahasiswa ITB atau yang lebih dikenal dengan PSM-ITB baru saja mengikuti kompetisi paduan suara internasional di Eropa. PSM-ITB berhasil membanggakan Institut Teknologi Bandung dan tentunya Indonesia. Penasaran dengan apa yang berhasil diraih oleh PSM-ITB? Mari Kita simak cuplikan dialog interaktif dengan PSM-ITB berikut:

  1. Apakah acara/kegiatan yang baru-baru ini diikuti oleh PSM-ITB?

Kami dari PSM-ITB baru saja mengikuti kegiatan 5th Florence International Choir Festival dalam rangka PSM-ITB Cultural Tour 2016. FICF sendiri merupakan kompetisi paduan suara internasional tahunan yg diadakan oleh kota Florence dan diikuti oleh berbagai negara. Kegiatan Florence International Choir Festival berlangsung di Florence, Italia.

 

  1. Kapan agenda tersebut berlangsung?

Kegiatan berlangsung dari tanggal 20-22 Juli 2016, dengan rangkaian opening concert, competition day, dan awarding ceremony.kpa

 

  1. Siapa saja yang ikut dalam perlombaan tersebut?

Ada beberapa paduan suara dari negara lain yang juga berpartisipasi dalam kompetisi ini yaitu, Korea Selatan, Israel, Jepang, Cina, Latvia, Turki, Bulgaria, Kanada, dan Filipina.

  1. Bagaimana persiapan PSM ITB untuk mengikuti perlombaan tersebut?

Persiapannya diawali dari audisi pada bulan Januari 2016, PSM-ITB memilih sekitar 40 orang anggotanya untuk mengikuti kegiatan ini. PSM-ITB lalu memulai latihan secara efektif mulai dari bulan Februari sampai Juli. Beberapa hal lain juga dilakukan sepanjang masa tersebut, seperti pencarian sponsor dan press-conference.

 

  1. Bagaimana hasil perlombaan yang diikuti PSM-ITB?

PSM-ITB mendapatkan juara pertama pada kedua kategori yang diikuti, yakni kategori Mixed Youth dan Folksong. Selain itu, PSM-ITB juga mendapatkan beberapa penghargaan lain, yakni Best Costume, Best Italian Composer Song Performance, dan Best Contemporary Arrangement.

 

  1. Bagaimana perasaan PSM-ITB telah mencapai hasil tersebut?

Kami merasa senang bahwa proses yang kami lalui selama ini telah berujung dengan baik dan dapat membanggakan bangsa Indonesia dan kampus ITB.

kpa2

  1. Apa harapan PSM-ITB ke depannya?

Kami berharap semua paduan suara, unit kampus, dan semua pihak dapat berjuang untuk membanggakan bangsa Indonesia dalam segala bidang dan kami berharap bahwa pencapaian kami dapat menjadi inspirasi sekaligus penyemangat bagi semuanya untuk terus maju!

 

Luar biasa sekali pencapaian PSM-ITB yang telah berhasil mendapat banyak predikat kemenangan dalam 5th Florence International Choir Festival. Jerih payah PSM-ITB dibayar dengan pencapaian prestasi yang luar biasa. Mari Kita ikut membanggakan Indonesia dengan prestasi-prestasi yang dapat kita hasilkan dan juga melestarikan kebudayaan Indonesia dimulai dengan mengenal kebudayaan daerah kita masing-masing. Salam budaya! #PSMJuara

 

Narasumber: PSM-ITB

Sebarkan!