Dalam rangka merayakan Hari Batik yang bertepatan pada hari Minggu 2 Oktober 2016, Kementerian Seni Budaya Kabinet Nyala KM ITB mencanangkan gerakan “Senin Berbatik” yang merupakan kampanye budaya untuk berpakaian batik di hari Senin 3 Oktober 2016. Melalui gerakan “Senin Berbatik”, Kita sebagai warga negara Indonesia diajak untuk mengenakan sandang nusantara apapun yang memiliki motif kain batik. Gerakan ini lahir sebagai wujud semangat untuk melestarikan batik yang merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia. Lalu bagaimana hasil dari kampanye “Senin Berbatik”?

54228

Ternyata massa kampus Institut Teknologi Bandung sangat mendukung gerakan “Senin Berbatik” ini. Di segala penjuru Kampus Institut Teknologi Bandung Ganeca, terlihat dengan jelas massa kampus mengenakan batik dengan motif yang beraneka ragam.

batik

Mulai dari motif sekar jagad sampai dengan motif parang. Setiap motif memiliki maknanya tersendiri yang berkaitan erat dengan nilai sosial, kebudayaan lokal, alam, ataupun sejarah.

2

Tidak hanya di Kampus Institut Teknologi Bandung Ganeca, tetapi juga Kampus Institut Teknologi Bandung Jatinangor yang ikut merayakan Hari Batik melalui gerakan “Senin Berbatik”. Antusiasme massa kampus ITB Jatinangor dalam mendukung gerakan “Senin Berbatik” merupakan bentuk nyata bahwa Kita sebagai generasi muda bangsa Indonesia mau dan bisa untuk melestarikan batik sebagai sandang khas nusantara.


3

Rasanya sungguh senang dan bangga sekali bukan melihat antusiasme massa kampus dalam merayakan Hari Batik melalui gerakan “Senin Berbatik”? Semoga saja momentum ini dapat menjadi semangat bagi Kita untuk selalu melestarikan budaya Indonesia, bukan hanya batik, melainkan juga seluruh warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai-nilai luhur yang baik. Selamat Hari Batik dan Selamat “Senin Berbatik”!

 

Sebarkan!