Thailand, km.itb.ac.id – Pada akhir bulan Juni lalu, Salah satu Unit Kegiatan Mahasiwa Rumpun Seni Budaya, yaitu PSTK-ITB melaksanakan suatu misi kebudayaan ke Thailand. Agenda tersebut merupakan penampilan Internasional pertama kali yang dilakukan oleh PSTK-ITB di luar negeri. Untuk lebih lengkapnya, mari Kita simak cuplikan dialog interaktif dengan PSTK-ITB berikut:

  1. Dalam rangka apa PSTK-ITB pergi ke Thailand?

    PSTK-ITB berangkat ke Thailand dalam rangka kegiatan The 6th International Festival of Arts and Culture yang diselenggarakan oleh Faculty of Fine Arts, Srinakharinwirot Univerisity.

  2. Kapan agenda tersebut berlangsung?

    Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 28 Juni – 1 Juli 2016 yang lalu.pstk

  3. Siapa saja yang terlibat dalam agenda tersebut?

    Yang terlibat di kegiatan tersebut sejumlah 10 orang yang diundang untuk berangkat, terdiri dari 7 orang penampil Tari Golek Manis dan 3 orang official. Disamping itu juga terlibat teman-teman Badan Pengurus PSTK-ITB 2015/2016 yang telah menginisiasi PSTK Goes to International ini dan Badan Pengurus PSTK-ITB 2016/2017 yang menjalankan open recruitment, seleksi penampil dan official, dan juga pembentukan satgas. Dari satgas sendiri terdapat 6 orang yang membantu mengurus sponsor, logistik, dan keberjalanan latihan.

  4. Bagaimana persiapan PSTK-ITB untuk mengikuti agenda tersebut?

    Persiapannya dimulai saat Bulan April 2016 yang lalu, saat Badan Pengurus 2016/2017 baru bisa berjalan, mulai dari Open Recruitment penampil, official, satgas, seleksi penampil dan official yang akan diberangkatkan, dan juga pencarian dana untuk berbagai kebutuhan seperti tiket pesawat, kostum, dan lain-lain. Latihan baru dimulai pada bulan Mei 2016 hingga Juni 2016.

  5. Bagaimana hasil yang diraih oleh PSTK-ITB?

    Sebenarnya festival tersebut bukan suatu perlombaan, melainkan untuk “showcase” ragam seni dan budaya yang ada di belahan dunia. PSTK-ITB sendiri di acara tersebut berhasil membawa Tari Golek Manis dalam bentuk workshop untuk mahasiswi dari berbagai universitas di Bangkok, Thailand dan menampilkannya pada malam puncak pada tanggal 30 Juni 2016 dengan lancar.

  6. Bagaimana perasaan PSTK-ITB setelah mencapai hasil tersebut?

    Perasaannya sangat lega dan bangga karena bisa membawa salah satu kesenian tradisional Indonesia ke kancah internasional dan kegiatan ini merupakan kegiatan Internasional pertama kali yang dilakukan PSTK-ITB di luar negeri.

  7. Apa harapan PSTK-ITB ke depannya?

    Harapannya, semoga kegiatan ini bisa menginspirasi kita semua untuk lebih giat melestarikan kebudayaan Indonesia agar tidak sirna terlekang oleh zaman karena bila bukan kita yang melestarikan, siapa lagi?


pstk2

Narasumber: Tripamungkas K.A. (Lurah PSTK-ITB 2016/2017)

Sebarkan!