Bandung, Sabtu (09/06) – Sebanyak 100 Mahasiswa ITB telah mengikuti program Mudik Gratis KM ITB di tahun 2018. Program perdana di KM ITB ini memiliki dua rute tujuan akhir yaitu Solo dan Surabaya. Masing-masing keberangkatan dilaksanakan pada 07 dan 08 Juni 2018. Program ini memiliki tujuan untuk membantu mahasiswa ITB yang mengalami kendala pada saat mudik lebaran demi bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman.

Demi mewujudkan semangat pelayanan tersebut, Kemenkoan Kesejahteraan Mahasiswa mengusahakan pengadaan program mudik gratis bagi mahasiswa ITB deng berhasil bekerja sama dengan IA ITB Jawa Barat, Rumah Amal Salman, Balai Pengelola Transportasi Darat, dan Kingkong Express. Acara ini dibuka dengan pelaksanaan Buka Puasa Bersama KM ITB pada Rabu, 06 Juni 2018. Dalam kegiatan buka bersama tersebut selain adanya pelepasan bagi peserta mudik gratis KM ITB, terdapat juga talkshow yang diisi oleh Pak Bermawi selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan serta Pak Syarif selaku perwakilan Yayasan Pembina Masjid Salman.

“Semoga acara ini dapat menjadi stimulus untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Pada tahap inisiasi ini, Kabinet baru bisa mengusahakan 2 bus saja. Semoga tahun depan, program ini dapat kembali dilanjutkan dengan persiapan yang lebih matang dan menjangkau lebih banyak lagi Mahasiswa yang mengalami kendala pada saat pulang ke kampung halaman. Tidak hanya di Pulau Jawa, namun juga luar Pulau Jawa,” ujar Bayu selaku Menteri Koordinator Kesejahteraan Mahasiswa.

“Mudik gratis kali ini benar-benar membuat mahasiswa sejahtera, benar-benar nol rupiah! Mulai dari bis, makanan, minuman, jadwal sholat, dll sudah dipersiapkan dengan baik oleh panitia. Saran ke depan, mungkin buat tahun depan info terkait mudik gratis bisa diinformasikan lebih awal, transportasi yang digunakan lebih bervariasi, dan rutenya diperbanyak,” ucap Hafidavi (MG’15) yang akan pulang kampung menuju Gresik.

Semoga program ini dapat memberi manfaat untuk sesama.

Kementerian Koordinator Kesejahteraan Mahasiswa
Kabinet KM ITB 2018/2019

#PeduliKampus
#RahimPelayanan