Pemaparan ini merupakan lanjutan dari acara Community Talk sebelumnya, dimana acara ini menarik peserta untuk bergabung dalam organisasi IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineer). Acara diawali dengan pemaparan profil singkat IEEE serta tujuan dan manfaat ketika sudah bergabung nanti. Selanjutnya dipaparkan sebuah implementasi karya hasil dari organisasi, yaitu E-Canteen untuk ITB.

Pemesanan makanan dan minuman berbasis online sudah banyak digunakan oleh beberapa pihak. Terlebih, kebutuhan berbasis online ini sudah menjadi kewajiban untuk memasuki teknologi zaman sekarang. Untuk itu, ITB melalui IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineer) mempunyai sebuah terobosan baru, yaitu E-Canteen.

Fungsinya sama seperti order makanan atau minuman secara daring lainnya, pemesan akan memilih dan memesan makanan dan minuman dari beberapa kantin ITB dan gerai sekitarnya. Keuntungan dari pemesanan online ini adalah pemesan tidak perlu untuk mengantre dan langsung mendapatkan makanannya. Hal ini juga mengimprovisasi sistem kantin dan menghindari penyebaran Covid-19. selain itu, sistem online ini juga didukung dengan pembayaran non-tunai dan praktis.

Adapun tujuan dari inovasi E-Canteen ini sendiri, yaitu meningkatkan keefektifan dan efisien pada kantin di ITB secara digitalisasi, yang kita tahu bahwa kantin ITB sendiri masih belum memanfaatkan sistem online ini. Lalu, program ini juga mendukung kantin, kedai, dan toko di ITB dalam meningkatkan bisnisnya masing-masing. Apalagi kita tahu bahwa protokol kesehatan yang semakin ketat ini membuat para pemilik harus berpikir ulang dalam penjualan. dengan program E-Canteen, ini dapat mendukung ITB dalam menjalani protokol kesehatan sehingga tidak perlu khawatir dalam penyebaran Covid-19 ini.

Dalam acara Community Talk 2.0 ini, diperkenalkan juga aplikasi E-Canteen itu sendiri, baik dari sisi pembeli maupun sisi penjual. pada sisi pembeli, terdapat fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pembeli, yaitu daftar menu digital, pemesanan online, penjadwalan pemesanan, dan E-wallet yang terintegrasi. ditargetkan untuk para mahasiswa ITB dan staf untuk mengorder makanan dan minuman melalui aplikasi ini. untuk sisi penjual, fitur yang dapat digunakan adalah list transaksi, sorting order otomatis, order limiting, dan E-Wallet terintegrasi.

Penulis: Ismail Robbani


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *